3 Makanan Manis untuk Diabetes yang Masih Aman Dikonsumsi


BERITANESIA.ID- Bagi penderita diabetes, makanan manis seringkali dianggap 'haram' karena menjadi penyebab kadar gula darah naik. Padahal, ada makanan manis untuk diabetes yang masih dapat dikonsumsi. Apa saja

Penderita diabetes memang dianjurkan selektif memilih makanan untuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Namun jika penderita diabetes ingin mencicip makanan manis, kuncinya ada pada pengendalian diri.

1. Anggur
Seperti jenis buah lainnya, anggur bisa menjadi makanan sehat berserat tinggi untuk penderita diabetes. Faktanya, setiap porsi 1/2 cangkir (75 gram) mengandung sekitar 1 gram serat dan 14 gram karbohidrat.

Anggur merah juga sarat dengan antioksidan dan polifenol, yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan melindungi dari komplikasi kesehatan yang berhubungan dengan diabetes.

Untuk camilan manis dan menyegarkan, coba nikmati anggur segar atau bekukan semalaman.

2. Greek Yoghurt
Dengan 20 gram protein dalam setiap porsi 7 ons (200 gram), greek yoghurt bisa menjadi pilihan camilan yang baik untuk penderita diabetes.

Makanan ini meningkatkan asupan protein Anda dapat membantu mendukung pengendalian nafsu makan dan mengurangi keinginan makan.

Menariknya, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa suplementasi harian dengan yoghurt yang diperkaya dengan vitamin D dan probiotik dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

3. Dark chocolate
Jika dinikmati dalam jumlah sedang, dark chocolate bisa menjadi cara yang sehat dan lezat untuk memuaskan rasa manis penderita diabetes.

Makanan ini sangat kaya akan flavonoid, sejenis senyawa tanaman yang dapat membantu mencegah resistensi insulin dan melindungi terhadap masalah jantung bagi penderita diabetes tipe 2.

Plus, lebih rendah gula, karbohidrat, dan kalori daripada cokelat susu, dengan hanya 13 gram karbohidrat dalam setiap porsi 1 ons (28 gram).

Untuk hasil terbaik, carilah dark chocolate dengan kandungan kakao minimal 70 persen, dan pertahankan sekitar 1 ons (28 gram) setiap kali mengonsumsinya.

(NA)



Tags