4 Olahraga Atasi Sulit Tidur Akibat Insomnia


BERITANESIA.id - Sulit tidur ketika waktunya beristirahat atau insomnia menjadi masalah yang kerap dialami banyak orang. Keadaan yang mengganggu itu dapat diatasi dengan olahraga. 

Insomnia yang dialami secara berkala tidak baik untuk kesehatan. Dengan menjalani salah satu dari beragam jenis olahraga yang dapat disesuaikan kemampuannya dengan keadaan tubuh, insomnia bisa cepat teratasi.

Akibatnya tidur menjadi tepat waktu dan bangun dengan keadaan yang nyaman. Tubuh menjadi bugar dan terhindar dari berbagai penyakit yang mengintai.

Dilansir dari laman Boldsky, berikut empat jenis olahraga yang bisa mengatasi insomnia.

1. Aerobik

Aerobik, seperti berjalan, berenang, atau bersepeda merupakan salah satu latihan kardio yang bisa meningkatkan detak jantung. Nyatanya, kegiatan fisik satu ini juga bisa membantu mengatasi masalah sulit tidur atau insomnia.

Ketika melakukan olahraga satu ini selama 30-90 menit, tubuh akan mulai mengalami pendinginan. Tahap tersebutlah yang akan menghasilkan rasa kantuk tiba.

2. Latihan Otot

Melatih kekuatan otot seperti sit-up ternyata bisa meningkatkan kualitas tidur Anda. Bahkan, sebuah studi menunjukkan bahwa melakukan olahraga satu ini di pagi hari secara rutin bisa membantu seseorang untuk tidur lebih baik saat malam hari.

Selain menguatkan otot, olahraga satu ini bisa membantu Anda untuk menangani beban kerja sehari-hari. Bahkan, kegiatan fisik ini mampu membantu stimulasi beberapa hormon guna memperbaiki kualitas tidur.

3. Latihan Pernapasan Dalam

Latihan pernapasan dalam, bisa membantu untuk mengatasi permasalahan sulit tidur atau insomnia. Sebab, ketika melakukan latihan satu ini, denyut jantung akan diperlambat, dan irama pernapasan menjadi normal kembali.

Selain itu, latihan pernapasan dalam, bisa menurunkan tingkat stres dan ketegangan seseorang. Sebab, pikiran yang tenang bisa memicu tidur lebih cepat. Disarankan untuk mencoba melakukannya selama 10-15 menit, pada waktu dua jam sebelum tidur.

4. Yoga

Penelitian membuktikan bahwa yoga harian bisa membantu meningkatkan kualitas tidur dan menormalkan kembali waktu tidur di malam hari. Sehingga, Anda akan bangun dengan lebih energik saat pagi hari.

Nah, itulah beberapa olahraga atau latihan fisik yang bisa membantu mengatasi masalah kesulitan tidur atau insomnia. Sehingga, kesehatan tubuh bisa tetap terjaga dan nantinya dan terhindar dari berbagai penyakit yang mengintai.

Sumber : tagar.id

 

Tags