5 Manfaat Jahe Bagi Tubuh


Jahe bukan hanya sebagai bumbu dapur, tapi tanaman ini termasuk tanaman herbal sejak berabad-abad lamanya. Tanaman herbal ini sudah banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satu manfaat jahe bagi orang yang tinggal di dataran tinggi yaitu untuk membantu menghangatkan tubuh. Berikut ini ada beberapa manfaat jahe yang perlu diketahui :

  1. Anti Penuaan dan Kanker

Jahe bersifat anti-inflamasi dan anti-oksidatif yang bisa mengendalikan proses penuaan. Manfaat lainnya, tanaman herbal yang memiliki antimikroba dapat membantu mengobati penyakit yang menular. Ada juga yang menyebut bahwa jahe obat mencegah penyakit kanker. 

Tapi, ada juga yang harus di garis bawahi, Menurut jurnal meski berpotensi antikanker telah terdokumentasi dengan baik, manfaat jahe terhadap kanker harus melakukan penelitian lagi tentang kemanjurannya terhap kanker.

        2. Meredakan Nyeri Saat Haid

Rutin mengkonsumsi jahe bisa mengurangi nyeri pada saat mengalami menstruasi. Beberapa yang melakukan penelitian membuktikan bahwa jahe dikonsumsi dapat membantu meredakan nyeri saat menstruasi. Khasiat jahe juga tidak jauh dari obat ibuprofen dan asam mefenamat. 

Jika penasaran dengan manfaat jahe, cobalah untuk meminum cairan jahe sebanyak empat gelas. Minum selama dua hari masa awal menstruasi. Efek yang diberikan cairn jahe didalam perut dapat membantu menenangkan dari nyeri.

        3. Memperkuat Imun 

Mau sistem imun tetap prima? gampang kok, konsumsi jahe secara rutin. Jahe banyak mengandung Vitamin C dan banyak mengandung magnesium. Selain kedua zat tersebut, jahe juga memiliki kandungan gingerols, shogaols, dan zingerones yang dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

         4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat dari jahe merah lainnya adalah mampu mengatasi dan mencegah masalah pencernaan. Dipercaya jika ekstrak minyaknya mampu mengatasi masalah layaknya sakit perut karena kandungan antibakterinya. Gangguan di pencernaan umumnya terjadi akibat bakteri jahat yang masuk, sehingga konsumsi jahe cocok sebagai antitesis.

Adanya sifat antibakteri tersebut, manfaat jahe merah lainnya adalah sebagai pengawet alami pada makanan yang rentan disusupi bakteri. Di sisi lain, rasa hangat yang dihasilkan saat mengonsumsi jahe juga membuat sistem pencernaan lebih rileks. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi jahe secara rutin.

ada beberapa orang yang sebaiknya menghindari konsumsi tanaman ini terlalu banyak yaitu, ibu hamil dan menyusui, pengidap penyakit jantung, diabetes, dan orang-orang yang memiliki gangguan pembekuan darah. 

        5. Menurunkan glukosa  Darah sampai Kolesterol

Menurut jurnal US National Library of Medicine National Institutes of Health - mengenai khasiat jahe, rutin mengonsumsi jahe juga bisa menurunkan glukosa darah secara signifikan. Tak cuma itu, konsumsi jahe secara rutin juga bisa menurunkan kolesterol LDL (lemak jahat), trigliserida, sekaligus meningkatkan HLD (lemak baik).


(halodoc/nf)

Tags