8 Hal yang Harus Dilakukan Ibu Hamil di Masa Pandemi Covid-19


Ibu hamil masuk dalam kategori kelompok rentan infeksi Covid-19. Oleh karena itu, ibu hamil harus melakukan sejumlah langkah pencegahan di masa pandemi ini.( Istockphoto/ Srisakorn)

BERITANESIA.ID -  Ibu hamil masuk dalam kategori kelompok rentan yang dapat terinfeksi Covid-19. Oleh karena itu, ibu hamil harus melakukan sejumlah langkah pencegahan sekaligus penguatan kandungan di masa pandemi ini.

"Selain pencegahan ibu hamil harus adaptasi kebiasaan baru di era new normal ini," kata dokter spesialis kebidanan dan kandungan Merwin Tjahjadi dalam webinar Rumah Sakit Pondok Indah, Rabu (25/11).

Berikut hal-hal yang harus dilakukan ibu hamil di masa pandemi Covid-19.

1. Protokol kesehatan ekstra: 3M, 3T, VDJ

Ibu hamil harus lebih menerapkan protokol kesehatan ekstra untuk mencegah Covid-19.

Lakukan 3M, 3T, dan VDJ. Tiga M dilakukan dengan cara memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Sedangkan 3T adalah tracing, testing, dan treatment. Sementara VDJ adalah memperhatikan ventilasi, durasi, dan jarak saat berinteraksi dengan orang lain.

"Jangan ragu-ragu untuk datang periksa lalu mendapatkan perawatan. Ini sangat penting," kata Merwin.

2. Disiplin diri

Pastikan ibu hamil disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan tersebut. Hindari pertemuan di tempat yang ramai dan juga berada di kerumunan.

3. Pemeriksaan rutin

Meski tengah pandemi, pemeriksaan kehamilan harus rutin dilakukan. Konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi kehamilan dan jadwal konsultasi selama pandemi. Atur jadwal jauh-jauh hari agar dapat mempersiapkan pemeriksaan dengan baik.

Berdasarkan rekomendasi, pemeriksaan tatap muka pada ibu hamil selama pandemi dilakukan satu kali pada trimester pertama, dua kali pada trimester kedua, dan tiga kali pada trimester ketiga.

4. Pola hidup bersih dan sehat

Terapkan pola hidup bersih dan sehat selama kehamilan. Gaya hidup bersih dan sehat dapat melindungi diri dari berbagai penyakit yang berbahaya.

Baca juga : Amankah Ibu Hamil Konsumsi Mi Instan?

5. Olahraga teratur

Ibu hamil juga harus rutin berolahraga. Olahraga pada ibu hamil baik untuk menjaga daya tahan tubuh, melancarkan peredaran darah, dan memudahkan persalinan.

6. Asupan vitamin

Asupan vitamin sangat diperlukan oleh ibu hamil dan juga janin. Konsumsi sejumlah nutrisi penting seperti asam folat, kalsium, vitamin C, vitamin D, dan zat besi. Konsultasikan dengan dokter kandungan untuk mengetahui nutrisi tambahan yang umumnya berbeda pada setiap ibu hamil.


Pregnant woman sitting in childbearing centerFoto: Istockphoto/ Shironosov
ilustrasi ibu hamil

7. Tidak cemas

Selalu jaga suasana hati agar tidak cemas berlebihan. Pastikan hati selalu tenang dan bergembira, Kecemasan yang berlebih dapat membahayakan kondisi janin.

8. Cari rumah sakit yang tepat

Carilah rumah sakit yang menerapkan protokol kesehatan yang baik dan benar untuk persalinan. Penerapan protokol kesehatan yang ketat yang baik dan benar dapat menjaga ibu dan bayi sebelum, selama, dan setelah persalinan.

Artikel Asli