Hari Guru Sedunia: Sejarah dan Ucapan Selamat yang Bisa Jadi Inspirasi


BERITANESIA.id -  Hari ini, Senin (5/10/2020), adalah peringatan Hari Guru Sedunia yang diperingati tahunan sejak 1994. Dikutip dari situs UNESCO, tema tahun ini adalah Teachers: Leading in crisis, reimagining the future.

Tema Hari Guru Sedunia tersebut kurang lebih bermakna peran penting kepemimpinan guru di masa krisis akibat pandemi COVID-19. Peran penting lainnya adalah dalam membentuk optimisme dan keyakinan terhadap masa depan.

"Dalam masa krisis ini, para guru telah menunjukkan yang sebetulnya sudah sering kali dilakukan, sebuah kepemimpinan yang baik dan terus berinovasi. Guru selalu memastikan tidak ada yang tertinggal dan proses belajar terus berlangsung," tulis pernyataan gabungan UNESCO, ILO dan UNICEF.

Para guru telah bekerja sendiri atau berkelompok untuk menemukan solusi dan lingkungan pembelajaran yang baru dan aman. Peran guru tak hanya dalam proses belajar mengajar, namun memastikan kesehatan seluruh penghuni sekolah ketika akan dibuka kembali.

Hari Guru Sedunia mulai diperingati pada 5 Oktober 1994 untuk merayakan adopsi 1966 ILO/UNESCO Recommendation tentang status guru. Rekomendasi mengatur berbagai hal terkait hak dan tanggung jawab, serta standar persiapan awal seorang guru.

Rekomendasi juga mengatur perekrutan, administrasi kepegawaian, serta proses belajar mengajar yang dilakukan guru. Aturan 1966 ILO/UNESCO Recommendation selanjutnya diadopsi guru pendidikan tinggi, dengan menambahkan proses belajar mengajar di sekolah lanjutan.

Dengan penerapan Sustainable Development Goal 4 dengan sasaran khusus di bidang pendidikan pada poin 4.c, guru diakui sebagai kunci keberhasilan pencapaian target pada 2030. Artinya, Hari Guru Sedunia menjadi tanda dan refleksi berbagai hal yang menjadi tantangan sekaligus keberhasilan.

Dengan mengingat jasa para pengajar, tentu tak ada salahnya mengucapkan selamat pada peringatan Hari Guru Sedunia. Dikutip dari Business Insider ada beberapa ucapan yang bisa jadi inspirasi.

Berikut ucapan Hari Guru Sedunia:

1. Guru adalah pendidik terbaik pembuka jalan pengetahuan. Selamat Hari Guru Sedunia buat guru kesayangan aku.

2. Semoga selalu senang, bahagia, dan mendapatkan semua hal yang terbaik untuk guru terbaikku.

3. Guru yang terbaik mengajar dari hati bukan buku. Terima kasih selalu menjadi pengajar terbaik, selamat Hari Guru Sedunia.

4. Selamat Hari Guru Sedunia, bisa belajar dari seorang guru adalah hal terhormat. Semoga selalu bisa menginspirasi.

5. Semua usaha dan kerja keras guru telah membantu murid mencapai potensi terbaiknya. Terima kasih banyak atas semuanya, selamat Hari Guru Sedunia.

6. Selalu senang diajari guru yang pintar dan ramah, terima kasih untuk semuanya, selamat Hari Guru Sedunia.

7. Saya selalu bersyukur telah diajar guru seperti anda, selamat Hari Guru Sedunia.

8. Untuk Guru kesayangan, terima kasih atas ilmu, kesabaran dan perhatiannya. Selamat Hari Guru Sedunia.

9. Terima kasih telah menjadi pengajar, teman, saudara, dan orang tua. Selamat Hari Guru Sedunia.

10. Atas dukungan, motivasi, dan ilmu yang selalu diberikan, terima kasih dan selamat Hari Guru Sedunia.


Sumber :detik.com

Tags