Hari Ini, Jokowi Bagikan 3.000 Sertifikat Tanah di Sidoarjo


Ilustrasi sertifikat tanah di Indonesia di Kompas.com.

BERITANESIA.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membagikan langsung 3.000 sertifikat tanah lewat Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) di Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur (Jatim), Senin (22/8/2022).

Jumlah sertifikat tanah yang diserahkan Jokowi itu tersebar di empat kabupaten/kota di Jatim, di antaranya Kabupaten Sidoarjo sejumlah 1.500 sertifikat. Selanjutnya, Kabupaten Gresik sejumlah 500 sertifikat, Kabupaten Malang sejumlah 500 sertifikat, dan Kota Malang sebanyak 500 sertifikat.

Hal ini sebagaimana disampaikan Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Yulia Jaya Nirmawati dikutip dari laman Kementerian ATR/BPN, Senin (22/8/2022).

"Rencananya, Presiden Jokowi bersama Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto akan menyerahkan sertipikat tanah PTSL Provinsi Jatim di Gelora Delta Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo," jelas Yulia. Dia menambahkan, sertifikat tanah ini akan diserahkan bagi 10 perwakilan masyarakat yang hadir.

Simak, Prosedur Pecah Sertifikat Tanah dan Biaya yang Harus Dibayar Menurutnya, sertifikat tanah hasil program PTSL secara bertahap diserahkan kepada masyarakat. Penyerahan ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan stimulus ekonomi rakyat seiring dengan menurunnya Pandemi Covid-19.

"Karena dengan sertifikat, rakyat akan mendapat akses permodalan di samping adanya kepastian hukum tentang tanah mereka," jelas dia. Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jatim direncanakan hadir.

Hal ini sejalan dengan arahan Menteri ATR/Kepala BPN untuk memperkuat sinergi empat pilar dalam memberantas mafia tanah. "Pemberantasan mafia tanah dapat berjalan dengan baik dengan sinergi empat pilar, yaitu Kementerian ATR/BPN, aparat penegak hukum, badan peradilan, dan pemerintah daerah," tutupnya.

Sumber : nb/bn