KEMENHUB Meminta Pos Penyekatan Di Masa Larangan Mudik Diperketat Menjelang H-1 Lebaran


Menteri Perhubungan - Budi Karya Sumadi

BERITANESIA.ID - Dalam jangka waktu dua hari ke depan diperkirakan akan berpotensi terjadi lonjakan masyarakat yang nekat melakukan mudik Idul fitri 2021. Sehingga pos penyekatan harus diperkuat lagi, agar tidak jebol.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta TNI, Polri dan pemerintah daerah (pemda) ikut membantu memperketat pos penyekatan dan larangan mudik di setiap daerah.

"Menurut prediksi, besok, lusa dan H-1 keinginan mudik tetap tinggi, saya mohon kepada pangdam, kapolda, pemda, ASDP, untuk melakukan penguatan-penguatan, agar pergerakan itu tidak terjadi," kata Budi Karya.

Kemudian saat masa arus balik pun, diprediksi akan terjadi lonjakan, karena banyak masyarakat dari Pulau Jawa menyeberang ke Sumatera sebelum aturan larangan mudik diberlakukan.

Jika tidak diantisipasi, maka bisa terjadi penumpukan di Pelabuhan Bakauheni, Merak, hingga rest area dan berpotensi menimbulkan kelaster baru penyebaran virus corona.

Budi meminta Kemenkes meningkatkan pemeriksaan kesehatan saat arus balik berlangsung. Sehingga bisa diketahui kondisi kesehatan masyarakat setelah melakukan mudik.

"Karena tingginya mereka sebelum tanggal 6 Mei 2021, jadi tinggi di atas rata-rata, bisa saja mereka melihat lengah, mereka akan pulang dan sama saja ada suatu pergerakan wabah itu. Saya minta Menkes, saat nanti pulang, proses antigen nya lebih intensif," ujar Budi.

Penulis : M.Rif'at Azizi
Editor : DW