Korban Tewas Tornado Kentucky Terus Bertambah, Belasan Orang Hilang


BERITANESIA.ID- Usaha pencarian korban terus dilakukan di enam wilayah negara bagian AS yang disapu tornado kencang dan menyebabkan setidaknya 83 orang tewas.

Belasan orang lain masih dinyatakan hilang dan seluruh kota hancur akibat sekitar 30 tornado pada Jumat (10/12).

Presiden Biden telah menyatakan keadaan bencana di Kentucky, negara bagian yang terdampak paling parah.

Lebih dari 70 orang tewas di negara bagian itu, termasuk belasan orang di sebuah pabrik lilin, sementara jumlah total orang yang meninggal dunia diperkirakan mencapai di atas 100.

Anggota kongres lokal, James Comer, yang bekerja dengan tim penyelamat di Kota Mayfield yang hancur mengatakan tornado kemarin adalah yang terlebar yang pernah dia lihat.

"Ini adalah kerusakan terparah yang disebabkan tornado yang pernah saya lihat seumur hidup. Kami sudah pernah melihat tornado sepanjang itu, tapi belum pernah ada yang selebar ini," kata dia.

Empat puluh orang diselamatkan dari sebuah pabrik lilin yang runtuh di Mayfield, namun 60 orang lainnya dinyatakan masih hilang. Sementara Gubernur Kentucky, Andy Beshear, yang telah mengunjungi lokasi, berkata sepertinya tidak mungkin menemukan korban selamat lagi.

"Setidaknya ada tumpukan besi sepanjang 2,5 meter dengan mobil-mobil di atasnya, bertong-tong bahan kimia juga ada di sana. Jika ada orang lain yang ditemukan hidup-hidup, itu adalah keajaiban," ujarnya.
Tim penyelamat mencari korban selamat di reruntuhan sebuah pabrik lilin di Mayfield. (Getty Images)

Seorang karyawan di pabrik lilin itu meminta tolong di Facebook dari bawah reruntuhan, sementara suara teman-temannya mengerang kesakitan di belakangnya.

"Kami semua terperangkap, tolong, semuanya, panggilkan kami bantuan," kata Kyanna Parsons-Perez - yang kemudian berhasil diselamatkan.   

Seorang warga Mayfield, Tony Meeker, menggambarkan momen saat tornado menghantam.

"Entah dari mana terdengar suara sirene, tak lama setelah itu telinga kami seperti copot. Maksud saya, sepertinya tekanan udara jatuh tiba-tiba. Dan rasanya seperti rumah kita akan terbang, terbawa angin," ujarnya.

"Semua terlihat seperti ada bom meledak. Saya tidak tahu bagaimana ada yang bisa bertahan hidup. Saya merasa buruk untuk mereka yang tidak bisa bertahan hidup atau terjebak. Saya yakin mereka merasa ketakutan."

Beshear berkata, tornado membumihanguskan semua tempat di sepanjang 365 km perjalannya, termasuk area Kota Dawson Spring.

"Satu blok dari rumah kakek-nenek saya, tidak ada lagi rumah yang berdiri dan kami tidak tahu di mana semua penduduknya," kata dia.

Petugas mengatakan Mayfield sebagai "titik nol" angin puting beliung. (Reuters)

Angin puting beliung juga menjatuhkan salah satu gudang Amazon di Edwardsville, Illiois, menewaskan enam orang. Polisi berkata, mereka masih belum tahu berapa jumlah korban yang hilang.

Pendiri Amazon, Jeff Bezos, berkata "hatinya remuk" dan meminta dukungan dari masyarakat.

Presiden Biden menandatangani Deklarasi Darurat Bencana Federal, dan mengucurkan dana bantuan bagi Kentucky. Dia juga mengatakan jatuhnya korban tewas karena tornado ini adalah sebuah "tragedi".

Biden juga berkata tim dari badan kebencanaan Fema akan ke Kentucky pada Minggu untuk menyediakan bantuan, termasuk tempat tinggal sementara bagi mereka yang rumahnya hancur atau rusak parah.

Puluhan ribu orang di negara bagian tersebut hingga saat ini tak punya akses ke listrik dan air bersih.

Dana darurat juga tersedia untuk negara bagian lain yang terdampak - Missouri, Arkansas, Illinois, Tennessee dan Mississippi - jika mereka membutuhkan, kata Presiden Biden.
Kerusakan di mana-mana

Oleh Nomia Iqbal, BBC News, Bowling Green, Kentucky

Kerusakan yang ditinggalkan angin puting beliung ini sangat luar biasa. Garis yang dilewati badai memorak-porandakan kawasan di Bowling Green, selatan Kentucky.

Belasan rumah rusak parah atau benar-benar hancur. Kabel-kabel listrik menggantung di jalanan dan pohon-pohon tercerabut hingga ke akarnya. Mainan, buku, baju, semuanya berantakan di pekarangan.

Di salah satu rumah, separuh atapnya jatuh ke garasi hingga mengubur mobil pemiliknya. Seorang pria mendatangi pintu rumah yang telah rusak bersama anak-anaknya dan mengintip ke dalam. Bibinya yang berusia 97 tahun tinggal di sana, katanya, dan dia tidak bisa menghubunginya.

"Kami khawatir. Dia tidak punya telepon genggam," ujarnya. "Ya Tuhan, saya berharap dia bisa menyelamatkan diri."

Beberapa menit kemudian setelah berbicara dengan seorang saudaranya melalui telepon, wajahnya tampak lega. "Dia sedang di bak mandi saat kejadian tapi bisa keluar dengan selamat. Dia baik-baik saja, dia baik-baik saja."

Di ujung jalan, sebuah pompa bensin hancur berantakan, dan hanya satu pompa saja yang tersisa. Satu unit pendingin ruangan yang biasanya ada di bagian atas kios copot sepenuhnya dari atap dan terbang hingga ke seberang jalan.

Saat matahari mulai terbenam, suasananya sunyi. Satu-satunya suara dan kilatan cahaya yang ada datang dari mobil-mobil polisi yang berpatroli di area itu.

Insiden lain di Kentucky termasuk kereta yang keluar dari rel saat angin kencang meniup di Hopkins County. Satu kereta terbang 75 meter hingga ke atas bukit dan satu lagi menimpa sebuah rumah. Tidak ada yang terluka dalam insiden ini.

Petugas lokal mengatakan dua anak dilaporkan hilang selama angin puting beliung namun kemudian ditemukan hidup-hidup di dalam bak mandi yang terdorong keluar oleh angin.

ReutersSebuah kereta terlepas dari rel karena terdorong angin di Hopkins County, Kentucky

Tiga orang tewas di Tennesee, kata petugas lokal tanpa memberikan detail lebih lanjut. Dua orang meninggal dunia di Arkansas, salah satunya berada di panti jompo yang separuhnya runtuh. Satu orang tewas di Missouri.

Angin tornado terpanjang dalam sejarah AS adalah sepanjang 352,4 kilometer di Missouri pada 1925 yang menewaskan 695 orang.

( Df )

Tags