manfaat air beras untuk kecantikan,bisa cegah penuaan dini juga lohh


Memiliki kulit wajah awet muda tentu menjadi idaman setiap individu. Berbagai cara pun dilakukan agar memiliki tampilan yang terlihat muda, mulai dari perawatan, menggunakan produk kecantikan, olahraga hingga menjaga pola hidup sehat.

Namun nyatanya, ada cara alami yang ampuh mencegah penuaan dini, yakni dengan menggunakan air beras. Endapan dari air beras atau air beras yang dimasak ternyata mengandung banyak nutrisi.

Penelitian bahkan menunjukkan bahwa air beras mengandung sifat anti-penuaan dan mencerahkan kulit Anda. Karena kandungannya tersebut, tak heran jika banyak kaum hawa memasukkan air beras ke dalam perawatan wajah.

Biasanya air beras digunakan untuk mencuci muka. Namun, ada pula yang menjadikannya sebagai toner.

1. Mencegah penuaan dini pada kulit

Menggunakan air beras sebagai pembersih wajah bisa membantumu menghilangkan kerutan. Air beras yang difermentasi bisa meningkatkan produksi kolagen di kulitmu dan membantunya tetap awet muda lebih lama.

Air beras juga kaya akan antioksidan yang menjadikannya senjata ampuh dan alami melawan kerutan dini.

2. Tabir surya alami

Air beras memiliki efek pendingin alami dan mengoleskannya ke kulit bisa membantu menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari dan meredakan iritasi.

Unsur yang ditemukan dalam beras telah terbukti melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Paparan sinar matahari adalah salah satu penyebab kerusakan kulit yang paling umum dan menggunakan air beras adalah cara yang mudah dan terjangkau untuk melindungi wajahmu.

3. Memperbaiki kulit yang rusak

Industri kecantikan menawarkan banyak produk yang efektif namun mahal yang bisa membantumu mendapatkan kulit yang lebih baik.

Air beras adalah bahan perawatan kulit alami dan murah yang sudah dimiliki banyak individu di dapur mereka.

Selain untuk mengurangi kerutan, air beras juga bisa memperbaiki kerusakan kulit bahkan digunakan untuk mengobati kondisi kulit tertentu, seperti dermatitis atopic.

4. Mengurangi pigmentasi kulit

Meskipun hiperpigmentasi biasanya tidak berbahaya, kondisi kulit yang umum ini bisa sangat menganggu. Jika tidak diobati, bintik hitam pada akhirnya bisa menyebabkan warna kulit tidak merata, yang bisa membuat wajahmu terlihat tidak merata.

Air beras juga telah terbukti meningkatkan produksi melanin dan secara efektif bisa mengurangi hiperpigmentasi.

5. Mengendalikan kulit berminyak

Minyak alami sangat penting untuk kesehatanmu karena mereka mengunci hidrasi dan bertindak sebagai penghalang pelindung terhadap agresi eksternal.

Namun, banyak individu mengklaim bahwa memiliki wajah berminyak sangat tidak menarik. Mereka bahkan mencari cara membasmi minyak agar lebih matte.

Pada kenyataannya, banyak produk perawatan kulit untuk wajah berminyak mengandung alkohol yang bisa mengganggu aktivitas kelenjar sebaceous dan menyebabkan produksi sebum berlebih yang pada akhirnya akan membuat kulitmu semakin berminyak.

Menggunakan air beras menjadi cara yang aman untuk menyeimbangkan kulit berminyak, karena menghilangkan minyak berlebih dan tidak mengeringkan kulitmu.

Tags