Manfaat Lari Pagi, Salah Satunya untuk Diet


Lari pagi telah dipercaya bisa meningkatkan kebugaran fisik dan membantu menurunkan berat badan.
Manfaat lari pagi untuk diet dinilai dapat memengaruhi laju metabolisme sehingga membakar kalori dalam jumlah banyak.

Manfaat Lari Pagi
Tak hanya untuk diet, lari pagi juga bisa memberikan manfaat kesehatan lainnya.

1. Menekan rasa lapar
Salah satu penyebab rasa lapar berlebih bisa dipicu oleh pola diet yang salah. Oleh karena itu, usahakan berolahraga minimal joging untuk mengontrol nafsu makan.

Berdasarkan hasil studi yang diterbitkan jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise, olahraga pagi selama 45 menit bisa menurunkan tekanan supaya tidak makan berlebih.

Tak hanya itu, tubuh juga akan secara otomatis merasa kenyang setelah olahraga pagi. Semakin tubuh terasa bugar, semakin nafsu makan bisa terkendali.

2. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan jadi yang utama dari manfaat lari pagi untuk diet.

Lari menjadi salah satu olahraga yang cukup berpengaruh dalam meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh mampu membakar kalori lebih optimal.

Tidak harus langsung lari dengan intensitas tinggi. Anda bisa mulai dengan joging santai 20 menit tapi dilakukan rutin supaya hasilnya efektif.

3. Meningkatkan energi dan mood
Selain itu, lari pagi juga mampu meningkatkan energi tubuh serta membuat pikiran menjadi lebih fokus.

Dalam jurnal Fatigue: Biomedicine, Health & Behavior tahun 2015, para peneliti menemukan bahwa manfaat berolahraga ternyata dapat menurunkan risiko terkena penyakit mental.

Saat Anda sibuk berolahraga, kadar endorfin dalam tubuh akan bertambah dan menimbulkan perasaan puas, senang atau sama halnya dengan menikmati makanan lezat.

4. Kurangi tekanan darah tinggi
Berolahraga setiap hari minimal 20 menit dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi yang menjadi faktor risiko penyakit jantung dan stroke.

Sebuah studi menunjukkan, olahraga pagi berkontribusi menurunkan tekanan darah diastolik saat berisitirahat.

Selain itu, rajin lari pagi sama dengan memberi kesempatan pada jantung menjadi lebih sehat serta mengurangi stres kardiovaskular.

5. Membangun kebiasaan yang sehat
Menjalani diet seimbang sambil dibarengi berolahraga merupakan cara sederhana untuk membangun kebiasaan hidup lebih sehat karena tubuh aktif bergerak.

Disamping itu, peluang mendapat umur panjang dan terhindar risiko penyakit kronis juga dapat ditekan.


Tags