Masih Gamau Mandi Pagi?, Ini Manfaat Sehat Mandi Pagi Buat Tubuh


BERITANESIA.ID- Mandi pagi biasa dilakukan sebelum berangkat sekolah atau bekerja. Namun, karena cuaca yang dingin di pagi hari membuat tidak sedikit orang yang memilih mandi dengan menggunakan air hangat dibandingkan air dingin. Padahal mandi dengan menggunakan air dingin di pagi hari ternyata memiliki banyak manfaat, khususnya bagi kesehatan. Lantas, apa manfaat mandi pagi dengan air dingin? Berikut ini ada tujuh manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mandi dengan air dingin di pagi hari!

1.    Meningkatkan Kinerja Jantung

Jika kamu terbiasa mandi pagi dengan menggunakan air dingin, maka kinerja jantung pun akan meningkat. Hal ini dikarenakan saat diguyur air dingin, tubuh akan secara otomatis mencari udara yang lebih hangat. Udara hangat tersebut didapatkan dari oksigen yang dihirup ke dalam tubuh dan dipacu oleh kinerja jantung. Karena itulah jantung pun akan bekerja dengan baik dan semakin sehat akibat meningkatnya kadar oksigen yang diserap.

2.    Memperlancar Sirkulasi Darah

Manfaat mandi pagi dengan menggunakan air dingin berikutnya ialah dapat memperlancar sirkulasi darah. Air dingin yang disiramkan pada tubuh dapat melembabkan sekaligus mengencangkan pori-pori kulit kepala. Karena itulah sirkulasi darah menjadi lancar dan kamu pun akan terhindar dari risiko kaku persendian dan peradangan.

3.    Meredakan Nyeri Otot

Apa setelah aktif bergerak melakukan latihan fisik tubuh kamu terasa pegal dan nyeri? Kamu bisa menyembuhkannya dengan mandi pagi menggunakan air dingin. Sebuah studi mengungkap bahwa manfaat mandi pagi dengan air dingin dapat dirasakan oleh otot tubuh yang telah melakukan aktivitas fisik. Bila terasa nyeri di bagian tersebut, mandi dengan air dingin dapat mengurangi nyeri satu sampai empat hari setelah latihan. Hal ini dikarenakan air dingin memberikan efek relaksasi pada tubuh.

4.    Mengatasi Stres Sampai Depresi

Ternyata manfaat mandi pagi dengan menggunakan air dingin dapat mengatasi berbagai masalah mental seperti stres hingga depresi. Umumnya, stres muncul akibat terlalu banyak pikiran. Namun, hal ini sebenarnya dapat diatasi dengan rutin mandi di waktu subuh atau pagi hari dengan menggunakan air dingin. Mandi di waktu tersebut akan meningkatkan pasokan oksigen untuk organ tubuh sehingga organ tubuh pun dapat bekerja dengan baik. Selain itu, sebuah penelitian mengungkap bahwa mandi di pagi hari dapat menstimulasi titik biru pada otak. Titik biru tersebut merupakan sumber utama noradrenalin yang berperan untuk mengurangi rasa depresi secara kimiawi.  Air dingin yang digunakan pun dapat memicu pelepasan hormon endorfin yang dapat melawan hormon stres sekaligus menghasilkan serotonin yang dapat meredakan depresi.

5.    Meningkatkan Imun Tubuh

Mandi pagi atau subuh dapat meningkatkan gerakan limfatik. Gerakan ini dapat mendorong sel darah putih untuk melawan infeksi sekaligus virus yang hendak menyerang tubuh. Dengan begitu mandi pagi juga dapat menjaga sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.

6.    Menurunkan Berat Badan

Kalau kamu merasa kelebihan berat badan, tidak ada salahnya untuk membiasakan diri mandi pagi dengan menggunakan air dingin. Saat disiram air dingin, jaringan lemak dalam tubuh akan aktif bekerja untuk menciptakan energi panas. Dengan begitu lemak di tubuh pun akan ikut terbakar

7.    Meningkatkan Memori

Meski usia sudah bertambah tua, kamu ingin tetap memiliki memori yang tajam kan? Karena itulah biasakan untuk mandi pagi menggunakan air dingin. Manfaatnya dipercaya dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh dan memberikan oksigen sekaligus nutrisi pada otak. Bila otak terus ternutrisi dengan baik, maka memori atau daya ingat akan tetap tajam.

(AL)


Tags