Memasang Panel Surya di rumah Banyak Manfaat Yang Akan Didapatkan.


Menggunakan panel surya untuk dipasang di atap rumah

BERITANESIA.ID - Lonjakan biaya energi global seperti batu bara dan minyak telah menyebabkan banyak orang mencari sumber listrik alternatif dan berkelanjutan, salah satunya dengan panel surya yang memanfaatkan energi matahari.

Secara definisi, energi matahari adalah energi yang berasal dari matahari. Energi tersebut dapat digunakan langsung untuk memanaskan, dan menerangi rumah atau dapat diubah menjadi listrik menggunakan teknologi energi surya seperti panel surya.

Panel surya sendiri merupakan alat yang terdiri dari sel surya yang mengubah cahaya menjadi listrik. Mereka disebut surya atas matahari atau "sol" karena matahari merupakan sumber cahaya terkuat yang dapat dimanfaatkan.

Panel surya sering kali disebut sel fotovoltaik atau photovoltaic, yang dapat diartikan sebagai "cahaya-listrik".

Mendengar kata panel surya, mungkin tidak asing bagimu mengenai alat satu ini yang menjadi cara baru untuk menghemat listrik dan lebih ramah lingkungan.

Namun, jangan hanya tahu tentang itu saja, panel surya juga memiliki manfaat tak terduga lainnya selain menghemat biaya listrik.

Di bawah ini terdapat beberapa manfaat tak terduga dari penggunaan panel surya di rumah, yang dilansir dari berbagai sumber, Selasa (26/1/2021).

1. Hilangkan polusi suara

Saat melihat sumber energi terbarukan lainnya seperti angin misalnya, kebisingan yang dibuat selama proses menghasilkan energi dapat merugikan dan mengganggu.

Namun, energi surya atau matahari sebaliknya, mereka tidak melibatkan bagian yang bergerak, sehingga tidak ada polusi suara.

Ini adalah manfaat yang sering diabaikan orang ketika mempertimbangkan sumber energi terbaru mereka.

2. Mengurangi penggunaan air

Saat memikirkan potensi bahaya bahan bakar fosil dan sumber energi lainnya untuk listrik, tidak sedikit orang biasanya memikirkan bahan kimia yang terlepas ke udara, yang merusak iklim.

Namun, yang terkadang gagal kita pertimbangkan adalah berapa banyak sumber daya lain yang digunakan untuk menciptakan energi dengan sumber tradisional.

 

Contoh terbaik dari sumber daya yang sedang digunakan dan atau terancam oleh sumber energi tradisional adalah air.

Khususnya dengan tenaga yang dihasilkan oleh fasilitas nuklir, gas alam, atau batu bara, air digunakan secara berlebihan untuk tujuan pendinginan.

3. Ini adalah sumber daya terbarukan

Panel surya adalah sumber energi terbarukan karena dapat digunakan untuk menghasilkan listrik selama matahari ada. Sinar matahari muncul secara alami dan tidak terbatas.

Energi ini dapat dimanfaatkan dengan memasang panel surya yang dapat mengurangi ketergantungan kita pada negara lain untuk pasokan batu bara yang konsisten guna menghasilkan listrik.

Ini menjadikannya prospek energi yang menarik bagi sebagian besar negara yang ingin menjadi hijau sepenuhnya di masa depan.

Meskipun energi matahari tidak dapat diproduksi pada malam hari dan hari mendung, tetapi dapat digunakan berulang kali pada siang hari.

Energi matahari dari matahari adalah sumber daya yang konsisten dan konstan dan dapat digunakan untuk memanfaatkan daya, bahkan di lokasi terpencil.

4. Ramah lingkungan

Jika kamu mencari-cari di internet untuk mencari cara meminimalkan jejak karbonmu, energi matahari adalah jawaban yang pasti.

Energi matahari tidak hanya akan membantu mengurangi jejak karbonmu, tetapi juga memperbesar sistem kamu untuk memastikanmu tinggal di rumah bebas karbon.

Energi matahari merupakan alternatif bahan bakar fosil karena merupakan sumber energi yang tidak berpolusi, bersih, dapat diandalkan, dan terbarukan.

Mereka tidak mencemari udara dengan melepaskan gas berbahaya seperti karbon dioksida, nitrogen oksida atau sulfur oksida. Jadi, risiko kerusakan lingkungan berkurang.

Energi matahari juga tidak membutuhkan bahan bakar untuk menghasilkan listrik, sehingga dapat menghindari masalah pengangkutan bahan bakar atau penyimpanan limbah radioaktif.

5. Pemotongan tagihan listrik

Salah satu hal umum tentang penggunaan panel surya yang memanfaatkan energi matahari adalah dapat membantumu meminimalkan tagihan listrik yang mengganggu.

Dengan memakai panel surya, tagihan listrik akan berkurang hingga 50 persen lebih, bahkan bisa saja seseorang bisa tidak perlu membayar tagihan listrik. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan listrik di rumah bisa dapat terpenuhi sendiri.

Mengingat biaya listrik konvensional akan selalu naik setiap tahun, penggunaan panel surya adalah sebuah invenstasi terbaik untuk puluhan tahun ke depan.

6. Dapat meningkatkan nilai rumah

Jika kamu ingin menjual rumahmu di masa depan, cukup diketahui bahwa pemasangan teknologi surya dapat meningkatkan nilainya secara signifikan.

Ini terutama terlihat di daerah di mana pembeli lebih cenderung membeli rumah yang dipasang dengan panel surya seperti kota berpenduduk tinggi di mana degradasi lingkungan dianggap serius oleh pihak berwenang.

Menurut temuan penelitian, panel surya dapat menambah hingga $ 20.000 atau sekitar Rp281 jutaan untuk nilai sebuah rumah.

Angka ini menunjukkan jumlah yang dibutuhkan untuk memasang panel surya, yang berarti kamu dapat memperoleh kembali uangmu saat menjual properti. Itu mewakili investasi cemerlang di properti.

7. Membutuhkan sedikit perawatan

Biaya pemasangan panel surya bisa tinggi. Tetapi setelah aktif dan berjalan, kamu akan menikmati manfaatnya selama bertahun-tahun, sementara hanya menyuntikkan sedikit dana untuk pemeliharaannya.

Jika kebutuhan energimu berubah dan kamu ingin menambah lebih banyak panel, itu akan jauh lebih mudah. Biaya awal yang dikeluarkan sekali dapat dipulihkan dalam jangka panjang yang berkisar antara 10-15 tahun.

Selain itu, panel surya tidak menimbulkan kebisingan atau melepaskan zat beracun apa pun.

8. Instalasi mudah

Panel surya mudah dipasang dan tidak memerlukan kabel atau sumber daya apa pun. Tidak seperti pembangkit listrik tenaga angin dan panas bumi yang mengharuskannya untuk diikat dengan mesin bor, panel surya tidak memerlukannya

Mereka dapat dipasang di atap, yang berarti tidak diperlukan ruang baru dan setiap pengguna rumah atau bisnis dapat menghasilkan listrik sendiri. Selain itu, mereka dapat dipasang dengan cara terdistribusi yang berarti tidak diperlukan instalasi skala besar.

Dengan kemajuan teknologi dan peningkatan produksi, biaya panel surya turun sedikit. Area di mana biaya listrik tinggi, waktu pengembalian modal bisa lebih rendah.

9. Dapat digunakan di lokasi terpencil

Energi matahari bisa menjadi keuntungan besar di daerah yang tidak memiliki akses ke kabel listrik. Ini berfungsi dengan baik di lokasi terpencil di mana menjalankan saluran listrik akan sulit atau mahal.

Panel surya dapat diatur untuk menghasilkan energi matahari di sana, selama menerima sinar matahari.

10. Tahan lama

Panel surya tidak mengeluarkan suara sama sekali dan tidak ada bagian yang bergerak, yang membuatnya tahan lama dan hanya memerlukan sedikit perawatan.

Energi matahari dari panel surya memberikan solusi hemat biaya untuk masalah energi, di mana tidak ada listrik sama sekali