Merdeka 118 di Malaysia Jadi Bangunan Tertinggi Kedua Dunia


BERITANESIA.ID - Merdeka 118, gedung pencakar langit Malaysia dengan 118 lantai menjadi bangunan tertinggi kedua di dunia. Bangunan ini akan ditetapkan sebagai gedung tertinggi kedua dunia kala pembangunannya selesai di tahun depan.

Merdeka 118 sendiri kini lebih tinggi dari Menara Shanghai di China, dan hanya dikalahkan oleh ketinggian Burj Khalifa di Dubai,

Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob mendeskripsikan proyek ini sebagai 'menara ikonik di masa depan.'

"Ini bukan hanya pencapaian besar di bidang teknik, tetapi juga memperkuat posisi Malaysia sebagai negara modern dan maju," kata Yaakob.

Gedung pencakar langit ini akan ditawarkan untuk digunakan sebagai kantor. Tak hanya itu, gedung ini juga akan diisi oleh mal, masjid, hotel Park Hyatt, dan dek observasi tertinggi di Asia Tenggara.

Gedung ini berada di zona bersejarah Kuala Lumpur, dengan posisi yang menghadap ke Stadion Merdeka. Stadion tersebut merupakan tempat dimana mantan Pemimpin Malaysia Tunku Abdul Rahman mendeklarasikan kemerdekaan negara itu pada 1957.

Proyek ini dirancang oleh arsitektur Australia, Fender Katsalidis. Katsalidis mengatakan desain bangunan tersebut terinspirasi dari pola yang ada dalam seni dan kerajinan tangan Malaysia. Desain ini juga mewakili campuran berbagai budaya yang mendefinisikan masyarakat negara itu.

Dalam sebuah pernyataan, salah satu mitra pendiri perusahaan, Karl Fender menyampaikan bahwa gedung ini didesain untuk memperkaya energi sosial dan budaya di kota itu.

"Selain itu, pencapaian dari membuat gedung tertinggi kedua di dunia ini merayakan perencanaan, penyelesaian masalah, kolaborasi, dan usaha yang diperlukan untuk mewujudkan bangunan dengan kompleksitas seperti ini," kata Fender.

"Mencapai tonggak ketinggian ini merupakan bonus," tambahnya.

Proyek Merdeka 118 dimulai lima tahun lalu. Walaupun menjadi karya yang membanggakan, proyek ini sempat memicu rasa khawatir dari juru kampanye warisan sejarah Malaysia terkait dampaknya terhadap lingkungan sejarah negara itu.

Harapannya, Merdeka 118 dapat dibuka pada tahun ini.

(AL)

Tags