Negeri di Atas Awan yang Viral dari Sulawesi


BERITANESIA.id - Sulawesi juga memiliki destinasi negeri di atas awan yang lagi viral, Puncak Senayan. begitulah ratusan pendaki lokal pun menyerbunya.

Puncak Senayan berada di kabupaten Polewali Mandar. Sejak beberapa pekan viral di media sosial, destinasi ini lalu mengundang rasa penasaran pendaki lokal.

Betapa tidak, tempat wisata yang terletak di desa Bulo, kecamatan Bulo ini, diketahui menawarkan keindahan panorama alam yang mengesankan. Ada hamparan awan tebal yang menyelimuti kawasan pegunungan.

Puncak Bukit Senayan berjarak sekira 28 kilometer dari kecamatan Wonomulyo yang menjadi pusat perdagangan kabupaten Polman. Waktu tempuh dari Polman ke sana kira-kira selama 45 menit.

Saat berkunjung bersama sejumlah teman beberapa waktu lalu, saya memilih menggunakan sepeda motor, dan berangkat saat hari masih gelap. Perjalanannya luar biasa, lantaran kami tidak hanya harus menembus kabut tebal, tetapi juga dinginnya udara yang terasa menusuk hingga ke tulang.

Lokasi Puncak Senayan tidak jauh dari pemukiman warga, untuk mencapainya hanya dapat dilakukan dengan menggunakan sepeda motor. Sekira 500 meter sebelum mencapai puncak, saya memilih melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, selama lebih kurang sepuluh menit.

Pada beberapa titik yang saya lalui dengan berjalan kaki, melewati areal perkebunan warga, terlihat akses jalan yang rusak parah dan berlumpur. Beberapa pengunjung Puncak Senayan tampak nekat melanjutkan perjalanan dengan sepeda motor, kendati harus melewati medan berlumpur.


Sesampainya di Puncak Senayan, saya melihat ratusan pengunjung, mereka fokus menyaksikan keindahan panorama alam. Fenomena inilah yang sudah dinanti sejak awal, berupa hamparan awan tebal menyelimuti kawasan pegunungan.

Mata saya juga terpana, dengan hamparan awan yang terlihat begitu dekat, seolah membuat kita berada di negeri di atas awan. Keindahan Puncak Senayan tersebut terlihat lebih eksotis, berpadu dengan bias cahaya kemerahan dari matahari pagi yang muncul secara perlahan.

Momentlangka ini tentunya tidak saya lewatkan maupun pengunjung lainnya, untuk mengabadikan beberapa foto dan video menarik. Pemandangannya membuat saya terpesona, seolah menghipnotis untuk agar tidak beranjak dari tempat ini.


Di tempat sama, salah satu tokoh pemuda desa setempat, Hariadi mengaku puncak Senayan memiliki potensi untuk dikembangkan. "Melihat potensi yang ada di kecamatan Bulo sangat potensial untuk kita kembangkan," ujarnya.

Menurut dia, sejak kemunculan titik wisata di Puncak Lemo Nipi yang berlanjut di Puncak Senayan, muncul banyak titik potensi wisata baru di daerah ini. " Berawal dari Puncak Lemo Nipi, alhamdulillah tempat titik-titik tempat wisata di Puncak Bulo ini sudah mulai bermunculan selain dari kebun raya itu sendiri," ujar Hariadi.

Hariadi berharap pemerintah memberi perhatian serius agar tempat wisata yang menyuguhkan keindahan hamparan awan ini bisa dikembangkan. Aktivitas ini juga untuk mendongkrak ekonomi warga.

"Kami sangat berharap, karena ini masih sangat terbatas khususnya akses masuk, kami berharap bagaimana tindak lanjut pemerintah setempat memperhatikan, tidak menutup kemungkinan ada lagi titik-titik spot yang akan kami angkat, hingga nanti bisa mendongkrak perekonomian masyarakat dengan berdatangannya pengunjung dari luar," kata dia.

Puncak Senayan berada pada ketinggian sekira 480 meter di atas permukaan laut. Saat cuaca bagus, hamparan awannya dapat dinikmati dari pukul 05.30-08:00 WITa.

Warga berharap para pengunjung Puncak Senayan bisa menjaga kebersihan lingkungan. Apalagi, tidak sedikit pengunjung yang diketahui berdatangan dari berbagai daerah, rela bermalam di tempat ini sambil mendirikan tenda dengan berbagai ukuran.

 

Sumber : detik.com