Nualphan Lamsam, Sosialita Tajir di Balik Perkasanya Timnas Thailand


BERITANESIA.ID- Timnas Thailand bukan tanpa sebab bisa begitu digdaya. Salah satunya karena keberadaan Nualphan Lamsam, sosialita tajir yang menjadi manajer tim.

Thailand baru mengalahkan Indonesia dengan telak di leg pertama final Piala AFF 2020. Bermain di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021), skuad Gajah Perang menang 4-0.

Masing-masing gol Thailand dicetak lewat brace Chanathip Songkrasin, dan satu gol dari Supachok Sarachat serta Bordin Phala.

Kemenangan itu membuat Thailand bisa dibilang sudah menjejakkan satu kakinya untuk mendekat meraih trofi. Sebab, Indonesia harus membalas minimal lima gol agar bisa membalikkan keadaaan, situasi yang jelas sulit.

Usai laga, ada menyoroti keberadaan wanita di jejeran official Thailand. Wanita yang dimaksud adalahNualphanLamsam.

Wanita yang akrab disapa Madame Pang itu, menurut pelatih Alexandre Polking, begitu sentral perannya.

"Dia manajer. Dia sosok yang sangat kuat. Dia punya hubungan yang sangat bagus dengan pemain," kata Polking di konferensi pers.

"Dia punya relasi yang membangun dengan klub. Dia juga berani ambil bagian. Hubungan seperti itulah, antara klub Thailand dan klub luar negeri, yang membuat tim Thailand seperti sekarang," kata Polking soal Nualphan Lamsam.

Nualphan Lamsam si Sosialita Tajir

Nualphan akrab disapa Madam Pang. Ia baru ditunjuk menjadi manajer Timnas Thailand kelompok putra pada Agustus lalu.

Madame Pang bukanlah sosok baru di dunia sepakbola Thailand. Sebelumnya, ia pernah menjadi manajer timnas putri Thailand, dan kini masih berstatus Presiden klub Thai Port FC.

Di luar lapangan hijau, Madame Pang juga seorang pebisnis dan politikus. Ia merupakan CEO perusahaan asuransi Muang Thai Insurance, dan menjadi anggota partai Demokrat, bahkan pernah menjabat Sekjen pada 2006-2016.

Dengan kekuatan finansialnya, wanita kelahiran 21 Maret 1966 itu juga begitu royal kepada Timnas Thailand. Sebagai contoh, guyuran bonus sudah ia kucurkan kepada Chanathip Songkrasin dkk.

Saat maju ke final, skuad Thailand diberi bonus barang-barang mewah, dari Iphone 13, jam Rolex, hingga tas mewah merek Hermes dan Christian Dior.

Belum habis uangnya, Madame Pang juga menjanjikan bonus berlimpah lagi. Bonus sebesar 26 juta baht atau sekitar Rp 11 miliar disiapkannya kepada tim jika bisa merengkuh titel.

Di balik tangguhnya Timnas Thailand, rupanya ada sosok yang bisa menyokong moril dan finansialnya. Dialah Nualphan Lamsam.

( Df )

Tags