PB PON Papua Akan Digelar Tanpa Penonton


Logo PON Papua XX 2020

BERITANESIA.ID - Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) mulai mempersiapkan skenario seandainya ajang pesta olahraga terbesar di Papua digelar tanpa penonton. Meski demikian masyarakat diharapkan tetap bisa menyaksikan kompetisi tersebut  melalui TV Nasional. 

Wacana ini diungkapkan Ketua harian PB PON Yunus Wonda dalam laman resmi PON Papua dikutip Jakarta, senin. Meenurutnya langkah ini diambil berkaitan dengan pandemi covid-19  yang belum pasti kapan akan berakhir “Kami dari penyelenggara tentu siap dengan apapun yang terjadi. Memang tidak bisa dipastikan kapan COVID-19 berakhir. Namun segala kesiapan PB PON untuk antisipasi tanpa penonton sekalipun sudah pernah dilakukan seperti virtual, menggunakan teknolologi “

Yunus memastikan apabila penyelenggaraan ini digelar tanpa penonton pesta olahraga nasional inipun akan berjalan dengan sukses, PB PON memaksimalkan pada bidang brpadcasting untuk menyiapkan dan mengantisipasi apabila PON XX digelar tanpa penonton. “Kami tetap bekerja menyiapkan regulasi maupun fasilitas pendukung PON. Ada bidang broadcasting seperti yang telah kami lakukan kemarin saat hitung mundur,” ujar Yunus 

“Langkah-langkah sudah diantisipasi agar PON tetap bisa ditonton secara langsung di media sosial secara live streaming. Namun semua itu adalah keputusan Presiden Jokowi,” lanjut Yunus.

Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, mengatakan bahwa penyelenggaraan pesta empat tahunan secara tertutup bisa menjadi pilihan alternatif ditengah situasi pandemi virus corona yang tak kunjung membaik. “PON Papua tanpa penonton adalah salah satu alternatif yang disarankan kepada pemerintah apabila situasi pandemi COVID-19 belum membaik,” kata Marciano saat dihubungi, Senin (1/2)

“Tentunya saran ini diajukan kepada Menpora Zainudin Amali untuk dilanjutkan kepada Bapak Presiden,” tambah dia.

Kini panitia penyelenggara masih menunggu keputusan dari Presiden Joko Widodo, Yunus optimis seandainya PON Papua digelar tanpa penonton pun, pesta olahraga nasional tersebut akan berjalan sukses. 

Penulis : Dara Sita Lauvea
Editor : TNA