Pendaftaran SNMPTN 2021 Resmi Dibuka


7 langkah daftar SNMPTN

Beritanesia.id - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 akan dilaksanakan mulai tanggal 15-24 Februari 2021. Para peserta didik lulusan SMA/MA/SMK yang akan melanjutkan pendidikan tinggi melalui jalur SNMPTN dapat mengisi data dan pilihan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Politeknik sesuai pilihan. Pendaftar diharuskan untuk mengikuti serangkaian tahapan, di antaranya adalah registrasi akun LTMPT, penetapan siswa yang eligible oleh sekolah dan memiliki nilai yang lengkap di PDSS.

Seleksi pertama untuk masuk Universitas Negeri dimulai pada Senin (15/2). Dilansir dari laman LTMPT, pendaftaran SNMPTN akan dibuka pada pukul 15.00 WIB (15/2). Siswa bisa langsung mendaftarkan dirinya untuk mengikuti SNMPTN melalui portal LTMPT atau bisa juga melalui laman https://snmptn.ltmpt.ac.id. Sedangkan untuk pengumuman hasil dari SNMPTN akan diumumkan pada (22/3) yang dapat diakses di laman PTN penerima.

Berikut ini adalah tahapan pendaftaran SNMPT 2021, di antaranya adalah:

1.   Siswa melakukan login di portal LTMPT atau laman pendaftaran menggunakan akun LTMPT (e-mail dan password) yang sudah teregistrasi.

2.       Siswa mengisi kelengkapan data orang tua pada halaman profil.

3.       Siswa mengisi pilihan program studi pada laman pilihan.

4.       Siswa mengisi portofolio pada laman portofolio (jika diminta oleh prodi yang dipilih).

5.  Siswa mengisi prestasi pada laman prestasi sesuai prestasi yang dimiliki oleh siswa (sifatnya tidak wajib).

6.   Melakukan finalisasi jika semua data telah diyakini valid, karena setelah melakukan hal tersebut siswa tidak dapat mengoreksi atau membatalkan data yang sudah diisi.

7.       Siswa mengunduh dan mencetak kartu registrasi.

Apabila siswa sudah menyelesaikan serangkaian tahapan pendaftaran SNMPTN, siswa akan menerima notifikasi berupa adanya keterangan tanggal dan waktu finalisasi berkas yang telah dilakukan sebelumnya. Selanjutnya siswa dinyatakan selesai melakukan pendaftaran SNMPTN.

Pihak penyelenggara SNMPTN menyarankan para siswa untuk tidak mendaftar prodi yang lintas minat dan tidak mendaftar menjelang jadwal penutupan pada hari pendaftaran. Sebelum melakukan pendaftaran, siswa diharapkan dapat membaca petunjuk yang tersedia di laman LTMPT secara seksama. Apabila siswa mengalami Kendala teknis, siswa dapat menghubungi Call Center 08041-450-450 atau https://halo.ltmpt.ac.id.

Penulis : Dimas Adipratama
Editor  : TNA