Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia, PLN Tanam Ribuan Bibit Pohon Produktif


PT PLN (Persero) UPT Bandung peringati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dengan menanam lebih dari 1.000 bibit pohon produktif yang tersebar di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang, Senin (29/11).

Pada kesempatan tersebut, PLN UPT Bandung memberikan sekitar 14.000 bibit kopi dan 10.000 bibit teh untuk Desa Margamukti, Kabupaten Bandung dan 1.000 bibit pohon untuk Desa Tomo, Kabupaten Sumedang yang terdiri dari pohon akar wangi, teh, kopi dan tanaman hutan lainnya.

Manager PLN UPT Bandung, I Made Sugata Merta mengatakan, penanaman pohon tersebut dilakukan di kawasan ring 1 jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kV Bandung Selatan – Mandirancan dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Wayang Windu – Kamojang.

Adapun untuk jenis tanaman yang dipilih untuk kegiatan Peringatan HMPI adalah jenis tanaman perdu atau pohon yang ketinggiannya tidak akan berpotensi mengganggu jaringan listrik PLN.

“Kami memilih jenis tanaman yang ketinggiannya tidak akan berpotensi mengganggu jaringan listrik PLN, salah satunya kopi. Sehingga, melalui kegiatan ini kami dapat melakukan tanggungjawab kami dalam menjaga kelestarian lingkungan serta mendukung pengurangan emisi udara, namun juga tetap memastikan keamanan instalasi PLN,” kata I Made Sugata.

Hari Menanam Pohon Indonesia ini merupakan langkah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, serta wujud kepedulian dalam memulihkan kerusakan hutan dan lahan.

Tags