Presiden RI, Jokowi Kunjungi Sintang Kalbar Hari Ini


BERITANESIA.ID- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan mengunjungi lokasi banjir di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Jokowi datang setelah banjir di kabupaten itu surut.

Jokowi berangkat dari Jakarta sejak pagi. Mantan wali kota Solo itu didampingi rombongan terbatas dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Sintang.

"Iya, kunjungan ke Sintang," ungkap Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono melalui pesan singkat, Selasa (7/12).

Jokowi akan mengunjungi titik-titik banjir Sintang untuk menyalurkan bantuan. Ia pun hendak mengecek sejumlah infrastruktur yang rusak akibat banjir tersebut.

Selain berkunjung ke lokasi banjir, Jokowi juga akan meresmikan Bandara Tebelian di Sintang. Bandara itu dibangun sejak 2011 dengan biaya Rp580 miliar.

Kedatangan Jokowi ke Kabupaten Sintang tidak mendapat respons positif dari warga. Mereka khawatir Jokowi datang ke Sintang hanya untuk meresmikan Bandara Tebelian.

"Kalau bagi saya sih percuma datang. Airnya udah surut, apa yang mau dilihat? Kayak bantuan pun bukan semua dapat," kata Ina, seorang warga Sintang, saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (7/12).

Sebelumnya, Kabupaten Sintang dilanda banjir pada bulan November. Butuh waktu sekitar sebulan hingga banjir benar-benar surut.

Ribuan warga terpaksa mengungsi karena kejadian itu. Bantuan sempat sulit masuk ke Sintang karena ketinggian air. Akses listrik pun sempat terputus beberapa hari.

Banjir Sintang menjadi perhatian publik karena dibarengi isu kerusakan lingkungan. Di saat yang sama, Jokowi justru menjalani kegiatan seremonial, seperti menjajal Sirkuit Internasional Mandalika, dibanding mengunjungi korban banjir Sintang.

( Df )

Tags