Rekor Pertemuan Indonesia vs singapura


BERITANESIA.ID- Timnas Indonesia dipastikan melaju ke final Piala AFF 2020 setelah menumbangkan Singapura 4-2 pada laga semifinal kedua. Duel timnas Indonesia vs Singapura berlangsung di National Stadium Singapore, Rabu (25/12/2021), malam WIB.

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong harus berjuang sampai babak perpanjangan waktu untuk menumbangkan Singapura yang harus bermain dengan delapan pemain.

The Lions, julukan Singapura, harus bermain delapan orang setelah Safuwan Baharudin (45+2'), Irfan Fandi (67'), dan Hassan Sunny (120+1'), diusir wasit dengan kartu merah. Empat gol kemenangan timnas Indonesia tercatat atas nama Ezra Walian (11'), Pratama Arhan (87'), bunuh diri Shawal Anuar (91'), dan Egy Maulana Vikri (107'). Adapun dua gol balasan timnas Singapura dicetak oleh Song Ui-young (49') dan Shahdan Sulaiman (74').

Kemenangan 4-2 membuat timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF 2020 dengan keunggulan agregat 5-3 atas Singapura.

Ini adalah keberhasilan keenam timnas Indonesia melaju ke final Piala AFF atau Piala Tiger setelah edisi 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016. Pada lima kesempatan sebelumnya, timnas Indonesia selalu gagal membawa pulang gelar juara.

Lawan timnas Indonesia di final Piala AFF 2020 nanti adalah salah satu di antara Thailand atau juara bertahan Vietnam. Thailand untuk sementara selangkah di depan karena berhasil mengalahkan Vietnam 2-0 pada semifinal leg pertama Piala AFF 2020.

Leg kedua semifinal Piala AFF 2020 antara Vietnam vs Thailand dijadwalkan berlangsung di National Stadium Singapore pada Minggu (26/12/2021).

Sama seperti semifinal, final Piala AFF 2020 juga akan menggunakan format dua leg tanpa aturan agresivitas gol tandang. Final leg pertama Piala AFF 2020 dijadwalkan pada Rabu (29/12/2021). Adapun final leg kedua Piala AFF 2020 akan digelar tiga hari berselang, yakni pada Sabtu (1/1/2022).

Pertandingan semifinal kedua Piala AFF 2020 antara timnas Indonesia vs Singapura berlangsung sangat sengit dan dipenuhi banyak drama.

Drama utama yang terjadi di National Stadium Singapore tentu adalah dua kartu merah yang harus diterima oleh dua bintang timnas Singapura, yakni Safuwan Baharudin (45+2') dan Irfan Fandi (67').

Meski kalah jumlah pemain, timnas Singapura justru sempat unggul 2-1 pada babak kedua. Dua gol timnas Singapura dicetak oleh Song Ui-young (49') dan Shahdan Sulaiman (74').

Adapun gol pertama timnas Indonesia dicetak oleh Ezra Walian pada menit ke-11. Tertinggal 1-2, timnas Indonesia yang unggul jumlah pemain terus menggempur pertahanan Singapura.Usahan timnas Indonesia untuk menyamakan kedudukan akhirnya berhasil pada menit ke-87 berkat gol Pratama Arhan.

Dua menit berselang, Pratama Arhan nyaris menjadi pesakitan. Hal itu tidak lepas dari pelanggaran keras Pratama Arhan terhadap gelandang Singapura, Shanual Anwar, di kotak penalti timnas Indonesia.

Beruntung bagi Pratama Arhan dan timnas Indonesia karena Nadeo Argawinata berhasil menepis tendangan penalti winger Singapura, Faris Ramli, pada menit ke-90+4. Pertandingan pada akhirnya harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu karena agregat masih imbang 3-3.

Pada awal babak perpanjangan waktu pertama, langsung berhasil mencetak gol pada menit ke-91. Gol ketiga timnas Indonesia bermula dari tendangan Egy Maulana Vikri yang membentur kaki pemain Singapura, Shawal Anuar.  

Bola kemudian tanpa bisa dicegah bergulir masuk ke dalam gawang Singapura. Timnas Indonesia akhirnya berhasil berbalik unggul 3-2.

Pada akhir babak perpanjangan waktu pertama tepatnya menit ke-105+2, Egy Maulana Vikri berhasil mencetak gol untuk memperlebar keunggulan timnas Indonesia menjadi 4-2.

Berlanjut ke babak perpanjangan waktu kedua, timnas Singapura terlihat sudah kehabisan stamina. Timnas Singapura sangat kesulitan keluar menyerang dengan hanya sembilan pemain.

Menjelang akhir perpanjangan waktu kedua, timnas Singapura kembali kehilangan pemain setelah Hassan Sunny diusir wasit. Kiper senior timnas Singapura itu langsung diusir wasit setelah melanggar Irfan Jaya.

Tidak ada gol tambahan tercipta. Skor 4-2 untuk kemenganan Indonesia bertahan hingga akhir babak perpanjangan waktu kedua.

(NA)



Tags