Ribuan Mahasiswa Ikuti Festival Tarbiyah Nasional IAIN Ponorogo


Jawa Pos Radar Madiun – Festival Gebyar Tarbiyah Nasional 2021 yang digagas Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo berakhir Rabu (24/11) lalu.

Dalam ajang tahunan tersebut, pihak kampus menggelar 15 kategori lomba. Mulai lomba Karya Inovasi, Video Pembelajaran Inovatif, Khitobah Bahasa Arab Putra, Khitobah Bahasa Arab Putri, Syarhil Quran, Musabaqah Tilawatil Quran, Hifdzil Quran, Debat Bahasa Arab, Debat Bahasa Inggris, National Math and Science Competition, Mendongeng, Menyanyi Solo Islami, Kaligrafi Lukis, hingga Kaligrafi Dekorasi.

Wakil Dekan III Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Retno Widyaningrum yang juga penanggung jawab acara menjelaskan, kejuaraan sudah dimulai sejak 29 Oktober lalu. Yakni untuk sesi pendaftaran. Sedangkan pelaksanaannya selama sembilan hari, 16-24 November. Ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia ikut serta dalam event ini.

Mereka mengirimkan karya terbaiknya untuk mengikuti satu per satu kategori yang dilombakan. ‘’Ada dua metode penilaian yang kami pakai, luring dan daring. Harapan dari lomba ini, mampu mengembangkan bakat dan prestasi akademik dari para mahasiswa,” jelas Retno didampingi Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Moh Munir.

Penanggung jawab kategori lomba National Math and Science Competition, Ulum Fatmahanik mengapresiasi event tahunan ini. Karena lomba National Math and Science Competition salah satu kategori lomba untuk mengembangkan suasana yang kompetitif di antara mahasiswa, meningkatkan wawasan pengetahuan, kemampuan dan kreativitas mahasiswa.

‘’Serta menanamkan sikap disiplin dan kerja keras untuk menguasai ilmu pengetahuan dalam bidang matematika dan sains. Khususnya mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi masa kini dan masa yang akan datang,’’ pungkasnya Ulum.




Tags