Sejak Oktober 2020, Inggris Mencatat Jumlah Kematian Terendah


Ilustrasi petugas covid saat membawa jenazah covid

 Angka kematian akibat Covid-19 di Inggris pada Minggu, 21 Maret 2021, turun menjadi 33 orang. Jumlah itu terendah sejak 5 Oktober 2021.

Data angka harian positif Covid-19 juga memperlihatkan penurunan dibanding puncaknya di Januari dan Februari 2021. Dilaporkan ada 5.312 kasus baru positif Covid-19 sehingga total dalam tujuh hari terakhir ada 38.145 kasus atau turun 4,4 persen dibanding seminggu sebelumnya.

Seorang fotografer memotret suasana di kawasan Gedung Parlemen di Jembatan Westminster, saat siang hari selama wabah penyakit virus corona (COVID-19), di London, Inggris, Selasa, 31 Maret 2020. 

Di Inggris, jumlah orang yang sudah menerima setidaknya dosis pertama suntik vaksin virus corona, naik menjadi 27.6 juta orang. Jumlah itu sudah lebih dari separuh populasi orang dewasa di Inggris.

Total ada 2,3 juta orang yang sudah mendapatkan suntikan dosis kedua vaksin virus corona di Inggris.

Terkait soal vaksin virus corona, sebuah sumber menyebut Uni Eropa telah menolak seruan pemerintah Inggris yang meminta agar dikirimkan vaksin AstraZeneca ke Inggris. Vaksin ini diproduksi di sebuah pabrik di Belanda.     

Inggris yang merupakan mantan anggota Uni Eropa, sejauh ini telah menjadi negara yang paling cepat melakukan imunisasi vaksin virus corona, termasuk di wilayah Eropa. Sumber mengatakan produksi vaksin AstraZeneca ini prioritas selanjutnya harus ke negara-negara Uni Eropa.     

“Inggris berkeras agar pabrik di Halix (yang memproduksi AstraZeneca), Belanda, harus mengirimkan bahan inti vaksinnya ke mereka. Itu tidak akan terjadi. Apa yang diproduksi di Halix harus jatuh ke Uni Eropa dulu,” kata sumber tersebut.