Smartphone Dengan RAM 2GB Tak Akan Bisa Jalankan Android 11


BERITANESIA.id - Google sudah membuka pengujian beta Android 11. Salinan Device Configuration Guide Android 11 bocor, dan mengungkapkan beberapa informasi tentang OS tersebut.

 

Dilansir GSM Arena, Kamis (23/7/2020), salah satu ketentuannya adalah semua perangkat baru yang ingin menjalankan Android 11 harus memiliki RAM lebih dari 2GB. Smartphone dengan RAM 2GB atau kurang harus meluncur sebagai perangkat Android Go.

 

Selain itu, ponsel dengan RAM 512 MB tidak lagi memenuhi syarat untuk preloading GSM. Hal ini secara efektif membuat perangkat tersebut telah mencapai akhir dukungannya.

Perubahan-perubahan tersebut diperkirakan dimulai dari kuartal IV 2020, ketika Android 11 telah dirilis ke publik. Pembaruan akan dirilis oleh Original Equipment Manufacturer (OEM).

Ketentuan Lain

Ponsel yang meluncur dengan RAM 2GB sebelum kehadiran Android 11 dikecualikan dari persyaratan tersebut.

Ketika nanti mendapatkan pembaruan, perangkat tersebut akan mendapatkan dukungan penuh Android.

Android Go

 

Adapun Android Go merupakan versi lite dari OS Android. Perangkat Android Go dilengkapi sebagian besar aplikasi native, tapi lebih sedikit fitur. Kendati demikian, tetap memiliki fungsi utama yang sama.

 

Perubahan ini dinilai bertujuan untuk memastikan ponsel yang meluncur dengan hardware sederhana, mendapatkan platform lebih ringan.

 

Sumber : liputan6