Toyota Luncurkan Model Baru Yaitu Rumion Di Afrika Selatan


Toyota meluncurkan model terbaru bernama Rumion di Afrika Selatan merupakan model kembar dari Suzuki Ertiga. Toyota memanfaatkan kerjasama denagan sanagt baik dengan Suzuki di India yang sebelumnya sudah mengasilkan Glanza ( Suzuki Baleno ) dan Urban Cruiser (Suzuki Vitara Brezza).

Penampilan nya sangat mirip dengan Ertiga, pembeda paling terlihat yaitu logo toyota yang ada di depan dan di belakang. Detail lain yang beda yaitu gril radiator Rumion yang terdiri dari tiga bilah sejajar. Sedangkan mesinĀ yang digunakan juga seperti Ertiga, yakni 1.500 cc yang menghasilkan 103 hp dan torsi 138 Nm. Lalu pilihan transmisinya juga sama, manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Rumion memiliki tiga varian yaitu, S, SX, TX. Lalu ada lima pilihan warna, mystic pearl white, Azure blue, Seal Grey Metallic, Autumn Blaze Red, dan Shadow Black Pearl. Hindustan Time Auto mengatakan Rumion yang kini diproduksi di India hanya dijual di Afrika Selatan. Tidak ada kabar bahwa model ini dijual dinegara lain.

Menariknya, jika melihat ke situs resmi Toyota Afrika Selatan, Rumion dijual berdampingan dengan Toyota Avanza. Hal ini sedikit unik lantaran Rumion-Ertiga berda dipasar yang sama yaitu low MPV seperti di Indonesia.

Selain Rumion, Toyota juga terdeteksi bakal punya model keempat yang diambil dari basis mobil Suzuki, yaitu Belta yang merupakan model kembar Suzuki Ciaz. Belum diketahui pasti rencana Toyota menjual Belta, namun sudah dipastikan sedan Yaris (Vios) pensiun di India.

(CNN.Indonesia/nf)






Tags