Webinar Literasi Digital Cerdas Dan Aman Manfaatkan Lokapasar (Marketplace) Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan


Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan kembali bergulir. Pada Sabtu, 31 Juli 2021 pukul 14.00 hingga 17.00, telah dilangsungkan Webinar bertajuk “Cerdas dan Aman Manfaatkan Lokapasar (Marketplace)”.

Kegiatan massif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan  kognitif-nya untuk  mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet. 

Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 202,6 juta jiwa. Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Ini artinya, penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen. 

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah terkait literasi digital. "Hasil survei literasi digital yang kita lakukan bersama siberkreasi dan katadata pada 2020 menunjukkan bahwa indeks literasi digital Indonesia masih pada angka 3,47 dari skala 1 hingga 4. Hal itu menunjukkan indeks literasi digital kita masih di bawah tingkatan baik," katanya lewat diskusi virtual. Dalam konteks inilah webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI ini menjadi agenda yang amat strategis dan krusial, dalam membekali seluruh masyarakat Indonesia beraktifitas di ranah digital.

Pada webinar yang menyasar target segmen ASN Pemerintah Desa Kabupaten Musi Rawas dan mahasiswa, dihadiri oleh sekitar 619 peserta daring ini, hadir dan memberikan materinya secara virtual, para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni Muhammad Arif Rahmat, SHI, CEO kampungkaleng.com; Inna Dinovita, CEO Saesha Cantika Indonesia; Reza Yanuar, M.Si, Kepala Bidang Pemberdayaan UMKM Dinas Koperasi UKM Kabupaten Musi Rawas; dan Endang Srihati, Kabid Pemberdayaan Kelembagaan Masyarakat dan Usaha Ekonomi Desa Kabupaten  Musi Rawas. Dini Valdiani sebagai Key Opinion Leader (KOL) dan memberikan pengalamannya. Para narasumber tersebut memperbincangkan tentang 4 pilar literasi digital, yakni Digital Culture, Digital Ethic, Digital Safety dan Digital Skill. 

Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyaknya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber. Seperti Surati yang bertanya apa yang dilakukan agar penjualan kita meningkat padahal kita sudah mempromosikan di marketplace dan medsos lainnya tetapi kadang jualan kita tidak laku? Narasumber Muhammad Arif Rahmat, SHI menanggapi terkait dengan produk, sudah merasa maksimal promosi tapi merasa tidak laku. Pertama harus memahami karakter bahwa produk produk yang berat gramnya tinggi itu kurang banyak yang tertarik di marketplace. Itu jualan itu batu bata, untuk mempromosikannya itu harus dengan website/google, ketika search jualan batu bata Musi Rawas itu bukan berarti kurang optimal. Yang kita lakukan itu adalah bagaimana cara produk kita terlihat, searching di sosial media muncul, searching website muncul. Ketika sudah muncul kita perlu ketahui juga harganya. Apakah Ketika di chat di wa itu kita fast respon. Ada banyak faktornya.

Webinar ini merupakan satu dari rangkaian webinar yang diselenggarakan di Kabupaten Musi Rawas. Masyarakat diharapkan dapat hadir pada webinar-webinar yang akan datang.


(litdig/deo)

Tags