Webinar Literasi Digital Hidup Pintar Di Tengah Dunia Digital Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara


Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara kembali bergulir. Kali ini mengusung tema “Hidup Pintar di Tengah Dunia Digital”.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu, 17 Juli 2021 pukul 09.00-12.00 ini mengupas tentang hidup pintar di tengah dunia digital.

Kegiatan massif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif-nya untuk  mengidentifikasi hoax serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet. 

Kegiatan yang  secara nasional telah dibuka oleh Presiden Jokowi ini dilaksanakan secara simultan di semua daerah dengan target 10 juta partisipan mengikuti webinar dan tersentuh oleh literasi digital. 

Pada webinar yang menyasar target segmen mahasiswa, sukses dihadiri oleh sekitar 569 peserta daring ini, hadir dan memberikan materinya secara virtual, para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni Niken Rizki Amalia, S.Gz, M.Si, Owner deene gallery; Dhini Gilang Prasasti, S.I.Kom, M.E, Kepala seksi pengelolaan media Komunikasi Publik; Ilka Zufria, M.Kom, Ketua prodi ilmu komputer FST UINSU; dan Muhammad Nuh, S.Pd., M.Pd, Ketua prodi Fisika FST UINSU. Penggiat media sosial Joddy Caprinata bertindak sebagai Key Opinion Leader (KOL) dan memberikan pengalamannya. Hadir pula selaku Keynote Speaker, Samuel A. Pangerapan Dirjen Aptika Kementerian Kominfo memberikan sambutan.

Pada Sesi pertama, Niken Rizki Amalia, S.Gz, M.Si menyampaikan etika dalam menggunakan sosial media dan memanfaatkan era digital harus menjadi fokus kita bersama, dimulai dari diri kita sendiri lalu tularkan kepada orang lain. Etika dalam berdigital harus senantiasa bersama kita edukasikan kepada berbagai macam lapisan masyarakat pengguna internet. Hormati orang lain dalam menggunakan internet maka kamu akan dihormati di dunia nyata.

Giliran pembicara kedua, Dhini Gilang Prasasti, S.I.Kom, M.E mengatakan pengertian keamanan di dunia digital: Keamanan digital atau cyber security merupakan aktivitas pengamanan terhadap sumber daya telematik. Secara khusus, keamanan digital berfungsi untuk melindungi informasi dari terjadinya tindakan cyber-crime atau cyber-attack.

Tampil sebagai pembicara ketiga, Ilka Zufria, M.Kom menjelaskan hard skill adalah teknik atau pengetahuan yang Anda pelajari di sekolah, kampus, kursus-kursus atau melalui pelatihan di tempat kerja. Dalam dunia IT hal ini misalnya kemampuan membuat program, menganalisis, mendesain, dan lainnya.

Pembicara keempat, Muhammad Nuh, S.Pd., M.Pd menuturkan komunikasi di era digital memiliki berbagai aspek yang harus kita perhatikan peranannya. Komunikasi era digital berfokus pada berbagai macam jenis, bidang dan cara menggunakanya, oleh sebab itu pembelajaran komunikasi di internet atau era digital sangatlah berguna baik di dalam kenyamanan menggunakan internet ataupun beretika dalam menggunakan sosial media. 

Joddy Caprinata selaku Key Opinion Leader menyampaikan manusia yang paling baik adalah manusia yang mampu beradaptasi di dunia yang selalu berkembang.

Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyaknya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber. Seperti Siti yang bertanya bagaimana mengelola sosial media dengan baik dan bijak tetapi juga dapat menjadi bermanfaat, efektif dan bisa produktif di masa pandemi saat ini? Narasumber Niken Rizki Amalia, S.Gz, M.Si menanggapi cara mengelola sosial media dengan terjun langsung memantau dan menggunakan skill yang kita punya dan kesukaan yang kita punya dengan cara berkarya, tidak apa berkarya secara berkala, dan jangan takut karyanya jelek karena tidak ada karya yang jelek jika sudah sesuai dengan etika digital.

Webinar ini merupakan satu dari rangkaian webinar yang diselenggarakan di Kabupaten Langkat. Masyarakat diharapkan dapat hadir pada webinar-webinar yang akan datang.

(litdig/sm)

Tags