Webinar Literasi Digital Hidup Produktif Di Era Digital Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara


Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara kembali bergulir. Pada Selasa, 13 Juli 2021 pukul 14.00 hingga 17.00, telah dilangsungkan Webinar bertajuk “Hidup Produktif di Era Digital”.

Kegiatan massif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan  kognitif-nya untuk  mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet. 

Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 202,6 juta jiwa. Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Ini artinya, penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen. 

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah terkait literasi digital. "Hasil survei literasi digital yang kita lakukan bersama siberkreasi dan katadata pada 2020 menunjukkan bahwa indeks literasi digital Indonesia masih pada angka 3,47 dari skala 1 hingga 4. Hal itu menunjukkan indeks literasi digital kita masih di bawah tingkatan baik," katanya lewat diskusi virtual. Dalam konteks inilah webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI ini menjadi agenda yang amat strategis dan krusial, dalam membekali seluruh masyarakat Indonesia beraktifitas di ranah digital.

Pada webinar yang menyasar target segmen mahasiswa dan pemuda, dihadiri oleh sekitar 468 peserta daring ini, hadir dan memberikan materinya secara virtual, para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni Arief Wicaksono, Finance and Accounting Manager dan Pehobi Foto; Fadli Afriadi, S.p., M.M, Pembelajar, Trainer, Konsultan, dan Entrepreneur; Helvin Ruida Hasi Amd. Par, S.E., M.M, Owner Anugerah Hotel; dan dr. Rifan Eka Putra Nasution, ASN Dinas Kesehatan. Afini Putri Rahmatika bertindak sebagai Key Opinion Leader (KOL) dan memberikan pengalamannya. Para narasumber tersebut memperbincangkan tentang 4 pilar literasi digital, yakni Digital Culture, Digital Ethic, Digital Safety dan Digital Skill. 

Pada Sesi pertama, Arief Wicaksono menyampaikan hal yang perlu diperhatikan dalam mengubah hobi menjadi peluang usaha adalah ketahui hobi kita terlebih dahulu, pahami siapa target pasar kita, ide peluang usaha terbaik adalah ide yang membantu memecahkan sebuah masalah tertentu, jual kreasi dari hobi kita, ajarkan hobi kita kepada orang lain, bangun koneksi dan relasi dengan orang lain.

Giliran pembicara kedua, Fadli Afriadi, S.P., M.M mengatakan tips aman terpercaya dalam berbisnis online adalah transparent, responsive, testimoni, rating, dan cantumkan detail kontak dengan jelas, nama, nomor telpon, WA, email, dan lainnya.

Tampil sebagai pembicara ketiga, Helvin Ruida Hasi Amd. Par, S.E., M.M menjelaskan jika Anda menjalankan bisnis, jangan hanya sekedar membeli. Anda harus membuat sesuatu. Anda harus membuat sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya untuk masa depan.

Pembicara keempat, dr. Rifan Eka Putra Nasution menuturkan interaksi yang bermakna di ruang digital adalah interaksi, partisipasi (saring sebelum sharing) pilah-pilah informasi yang ada, dan kolaborasi ketika banyak interaksi yang terjadi di ruang digital dan mencapai sesuatu bersama.

Afini Putri Rahmatika selaku Key Opinion Leader menyampaikan hasilkan sesuatu di media sosial dan produktif di media sosial dengan mencari banyak ilmu.

Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyaknya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber. Seperti Tandjung yang bertanya seberapa penting pendidikan mengambil tempat dalam pembentukan fondasi digital literacy? Narasumber Fadli Afriadi, S.P., M.M menanggapi literasi digital berbicara bagaimana kita menggunakan internet dengan baik dan aman. Biasakan mengkonfirmasi berita itu benar atau tidak, kita bicara tentang pendidikan secara luas, bagaimana kita memiliki kemampuan teknologi dan dengan positif bukan secara konsumtif semata, apalagi sampai melanggar hukum. 

Webinar ini merupakan satu dari rangkaian webinar yang diselenggarakan di Kabupaten Serdang Bedagai. Masyarakat diharapkan dapat hadir pada webinar-webinar yang akan datang.


(litdig/nf)

Tags