Webinar Literasi Digital Identifikasi Dan Penanganan Radikalisme, Terorisme, Dan Separatisme Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi


Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi kembali bergulir. Pada Kamis, 5 Agustus 2021 pukul 14.00 hingga 17.00, telah dilangsungkan Webinar bertajuk “Identifikasi dan Penanganan Radikalisme, Terorisme, dan Separatisme”.


Kegiatan massif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan  kognitif-nya untuk  mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet. 


Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 202,6 juta jiwa. Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Ini artinya, penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen. 


Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah terkait literasi digital. "Hasil survei literasi digital yang kita lakukan bersama siberkreasi dan katadata pada 2020 menunjukkan bahwa indeks literasi digital Indonesia masih pada angka 3,47 dari skala 1 hingga 4. Hal itu menunjukkan indeks literasi digital kita masih di bawah tingkatan baik," katanya lewat diskusi virtual. Dalam konteks inilah webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI ini menjadi agenda yang amat strategis dan krusial, dalam membekali seluruh masyarakat Indonesia beraktifitas di ranah digital.


Pada webinar yang menyasar target segmen pelajar, dihadiri oleh sekitar 711 peserta daring ini, hadir dan memberikan materinya secara virtual, para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni Khairul Fahmi, S.IP, Direktur Eksekutif Institute for Security and Strategic Studies (ISESS); Lalu Azwin Hamdani, Praktisi Keamanan Media Digital (Founder Kicknews.today); Prof. Dr. H. Ahmad Syukri Saleh, M.A, Guru Besar UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi; dan Pandu Eko Putra, S.STP, Kabid Ketahanan Seni Budaya, Keagamaan, Kemasyarakatan dan Ekonomi badan Kesbagpol Kab. Tanjung Jabung Barat. Fikri Haikal sebagai Key Opinion Leader (KOL) dan memberikan pengalamannya. Para narasumber tersebut memperbincangkan tentang 4 pilar literasi digital, yakni Digital Culture, Digital Ethic, Digital Safety dan Digital Skill


Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyaknya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber. Seperti Arya yang bertanya apa faktor utama yang menyebabkan anak muda itu mau melakukan hal tersebut dan bagaimana cara menyikapi jika ada orang yang mencoba untuk mempengaruhi kita untuk melakukan hal tersebut? Narasumber Lalu Azwin Hamdani menanggapi karena anak muda sedang mencari jati diri, karena itulah anak muda menjadi target untuk masuknya terorisme.


Webinar ini merupakan satu dari rangkaian webinar yang diselenggarakan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Masyarakat diharapkan dapat hadir pada webinar-webinar yang akan datang.


(litdig/kh)

Tags