Webinar Literasi Digital Menjadi Generasi Milenial Kreatif Di Era Digital Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat


Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat kembali bergulir. Pada Rabu, 7 Juli 2021 pukul 14.00 hingga 17.00, telah dilangsungkan Webinar bertajuk “Menjadi Generasi Milenial Kreatif di Era Digital”.

Kegiatan massif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan  kognitif-nya untuk  mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet. 

Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 202,6 juta jiwa. Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Ini artinya, penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen. 

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah terkait literasi digital. "Hasil survei literasi digital yang kita lakukan bersama siberkreasi dan katadata pada 2020 menunjukkan bahwa indeks literasi digital Indonesia masih pada angka 3,47 dari skala 1 hingga 4. Hal itu menunjukkan indeks literasi digital kita masih di bawah tingkatan baik," katanya lewat diskusi virtual. Dalam konteks inilah webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI ini menjadi agenda yang amat strategis dan krusial, dalam membekali seluruh masyarakat Indonesia beraktifitas di ranah digital.

Pada webinar yang menyasar target guru, mahasiswa, pelajar, dan masyarakat umum, dihadiri oleh sekitar 149 peserta daring ini, hadir dan memberikan materinya secara virtual, para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni Feri F. Alamsyah, M.I.Kom, Dosen Ilmu Komunikasi; Drh. Deddy F. Kurniawan, CEO Dairy Pro Indonesia Group; Meiza Pratama, Pengelola Ruang Kreatif 3AM Studio dan Musisi; dan Fadhlan Yunanda, Media Digital Kreatif Info Sumbar. Salsa Melania Aquina bertindak sebagai Key Opinion Leader (KOL) dan memberikan pengalamannya. Para narasumber tersebut memperbincangkan tentang 4 pilar literasi digital, yakni Digital Culture, Digital Ethic, Digital Safety dan Digital Skill. 

Pada Sesi pertama, Feri F. Alamsyah, M.I.Kom menyampaikan di negara demokrasi seperti Indonesia ini kebebasan berekspresi sangat-sangat dibebaskan, namun kebebasan berekspresi kita apakah bersinggungan dengan orang lain atau tidak? Karena hal itulah kebebasan berekspresi kita menjadi sangat susah.

Giliran pembicara kedua, Drh. Deddy F. Kurniawan mengatakan bagaimana berawal menjadi peternak dan berani memulai untuk membuat produk, setelah itu ke peternak untuk membantu peternak menyuplai susu dengan harga terbaik dengan family fresh. Semua itu sekarang menjadi satu yaitu Dairy Pro, semua kaya peternak, dokter hewan, dan lainnya itu ada pada Dairy Pro.

Tampil sebagai pembicara ketiga, Meiza Pratama menjelaskan seiring dengan perkembangan komunikasi dan teknologi informasi, diiringi dengan pesatnya teknologi digital, kesadaran dan kemampuan bermedia. Literasi media dan literasi digital merupakan pendekatan yang memiliki fokus analisis kritis terhadap konten dari pesan media.

Pembicara keempat, Fadhlan Yunanda menuturkan mengenai positif kreatif aman di internet. Sebelum menyebarkan informasi atau isu yang sedang banyak dibicarakan, pastikan paham dengan konteks isu tersebut dan memiliki pegangan konten atau pemahaman pembanding.

Salsa Melania Aquina selaku Key Opinion Leader menyampaikan sebenarnya untuk cara kita cari ide untuk bersosial media, tergantung kita, mau terkenal melalui jalan seperti apa. Semoga kalian memilih jalur yang terbaiknya. Teknologi tidak akan kalah dengan manusia berpikir.

Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyaknya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber. Seperti Rachmat Yuliardi yang bertanya dalam menciptakan ide kadang kita membutuhkan suasana yang fresh, adakah contoh atau cara untuk meningkatkan suasana yg produktif agar kreativitas itu bisa mengalir? Narasumber Fadhlan Yunanda menanggapi senyaman mungkin kita tentukan dulu mau bikin konten gimana, kalo video kita list dulu sesuai dengan tema kita atau tidak.

Webinar ini merupakan satu dari rangkaian webinar yang diselenggarakan di Kabupaten Solok. Masyarakat diharapkan dapat hadir pada webinar-webinar yang akan datang.


(litdig/deo)

Tags