Webinar Literasi Digital Menjadi Mahasiswa Berkarya Dan Produktif Di Era Digital Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi


Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi kembali bergulir. Pada Kamis, 8 Juli 2021 pukul 09.00 hingga 12.00, telah dilangsungkan Webinar bertajuk “Menjadi Mahasiswa Berkarya dan Produktif di Era Digital”.


Kegiatan massif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan  kognitif-nya untuk  mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet. 


Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 202,6 juta jiwa. Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Ini artinya, penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen. 


Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah terkait literasi digital. "Hasil survei literasi digital yang kita lakukan bersama siberkreasi dan katadata pada 2020 menunjukkan bahwa indeks literasi digital Indonesia masih pada angka 3,47 dari skala 1 hingga 4. Hal itu menunjukkan indeks literasi digital kita masih di bawah tingkatan baik," katanya lewat diskusi virtual. Dalam konteks inilah webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI ini menjadi agenda yang amat strategis dan krusial, dalam membekali seluruh masyarakat Indonesia beraktifitas di ranah digital.


Pada webinar yang menyasar target mahasiswa, dihadiri oleh sekitar 525 peserta daring ini, hadir dan memberikan materinya secara virtual, para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni Medhanita Dewi Renanti, S.Kom., M.Kom, Dosen Vokasi IPB dan Owner Galerimadsoz; Ida Nyoman Heru, S.T, Direktur Inmarco.ID; Edwin Bustami, S.E., M.M, Wakil Ketua I STIA Nusa; dan Ryanto Toto, Founder Kabar Baik Kerinci dan Penggiat Literasi Digital. Rezky Firmansyah bertindak sebagai Key Opinion Leader (KOL) dan memberikan pengalamannya. Para narasumber tersebut memperbincangkan tentang 4 pilar literasi digital, yakni Digital Culture, Digital Ethic, Digital Safety dan Digital Skill


Pada Sesi pertama, Medhanita Dewi Renanti, S.Kom., M.Kom menyampaikan membangun suatu usaha atau bisnis dimulai dari pemikiran atau ide tentang bagaimana, apa, di mana dan cara memulai bisnis tersebut. Suatu bisnis dimulai dari munculnya ide-ide cemerlang dalam benak seseorang tentang keinginan membangun usaha dan harapan akan keberhasilan usaha tersebut.


Giliran pembicara kedua, Ida Nyoman Heru, S.T mengatakan untuk menjaga keamanan sebuah akun online, ada baiknya juga memperhatikan fitur-fitur keamanan yang dapat digunakan untuk mengantisipasinya, salah satunya adalah two factor authentication, sebuah fitur keamanan akun online di mana akan melakukan verifikasi identitas sebanyak dua kali.


Tampil sebagai pembicara ketiga, Edwin Bustami, S.E., M.M menjelaskan digital tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan saat ini, digital sudah menjadi budaya bagi kita dan menjadi kebutuhan. Walaupun terlepas dari itu terdapat dampak positif dan dampak negatif. Maka jadilah pengguna internet yang cerdas, saringlah sebelum sharing.


Pembicara keempat, Ryanto Toto menuturkan menemukan potensi diri dengan menghilangkan asumsi bahwa membuat karya di industri digital harus sempurna, namun temukan potensi dengan ketertarikan dan bakat dasar. Serta mengembangakan potensi dengan fokus kepada yang bisa dikendalikan dan mulai dengan menguasai skill pendukung.


Rezky Firmansyah selaku Key Opinion Leader menyampaikan dengan adanya digital kita dapat memanfaatkan dengan potensi yang kita punya, kita dapat menjadi influencer, penjualan bisnis online, untuk promosi atau branding, dan menjadi content creator


Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyaknya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber. Seperti Livia yang bertanya bagaimana cara memotivasi diri kita agar minat di bidang bisnis? Narasumber Medhanita Dewi Renanti, S.Kom., M.Kom menanggapi pahami peluang dan manfaatnya serta berkumpul dengan teman-teman juga ikuti komunitas yang relevan. Temukan motivasinya agar menjalaninya dengan semangat dan menyenangkan.


Webinar ini merupakan satu dari rangkaian webinar yang diselenggarakan di Kota Sungai Penuh. Masyarakat diharapkan dapat hadir pada webinar-webinar yang akan datang.


(litdig/nf)

Tags