Webinar Literasi Digital Menjadi Masyarakat Pelopor Digital Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara


Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara kembali bergulir. Pada Kamis, 29 Juli 2021 pukul 14.00 hingga 17.00, telah dilangsungkan Webinar bertajuk “Menjadi Masyarakat Pelopor Digital”.


Kegiatan massif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan  kognitif-nya untuk  mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet. 


Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 202,6 juta jiwa. Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Ini artinya, penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen. 


Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah terkait literasi digital. "Hasil survei literasi digital yang kita lakukan bersama siberkreasi dan katadata pada 2020 menunjukkan bahwa indeks literasi digital Indonesia masih pada angka 3,47 dari skala 1 hingga 4. Hal itu menunjukkan indeks literasi digital kita masih di bawah tingkatan baik," katanya lewat diskusi virtual. Dalam konteks inilah webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI ini menjadi agenda yang amat strategis dan krusial, dalam membekali seluruh masyarakat Indonesia beraktifitas di ranah digital.


Pada webinar yang menyasar target segmen pendamping PKH Langkat dan Mahasiswa, dihadiri oleh sekitar 827 peserta daring ini, hadir dan memberikan materinya secara virtual, para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni Masrizal Umar, ST, Chief marketing officer PT Spirit Inti Abadi; Sri Astuty, M.Si, Japelidi, relawan Mafindo, dosen FISIP ULM; Muhammad Ikhsan, S.T, M.Kom, Analisis TI UINSU, dosen FST UINSU; dan Ahmad Pian, MM, Koordinator kabupaten PKH Langkat. Mega Novelia sebagai Key Opinion Leader (KOL) dan memberikan pengalamannya. Para narasumber tersebut memperbincangkan tentang 4 pilar literasi digital, yakni Digital Culture, Digital Ethic, Digital Safety dan Digital Skill


Pada Sesi pertama, Masrizal Umar, ST menyampaikan lawan hoax dengan membaca informasi lebih detail juga teliti, tanyakan kepada penyebar informasi, cek sumber informasi, dan pastikan apakah ada informasi yang sama.


Giliran pembicara kedua, Sri Astuty, M.Si mengatakan kecenderungan kita untuk mempercayainya mentah-mentah apa yang kita baca di internet dan kegagalan kita untuk memverifikasinya, ini seharusnya diatasi. 


Tampil sebagai pembicara ketiga, Muhammad Ikhsan, S.T, M.Kom menjelaskan budaya digital memberdayakan orang untuk memberikan hasil lebih cepat. Budaya digital juga menarik dan mempertahankan bakat lebih baik.


Pembicara keempat, Ahmad Pian, MM menuturkan perlu dipahami juga dicermati setelah masyarakat mendaftar DTKS, membutuhkan waktu yang tidak sebentar, melainkan 6-9 bulan lamanya.


Mega Novelia selaku Key Opinion Leader menyampaikan sisi ekonominya saat pertama masa pandemi, ekonominya dulu sangat anjlok. Akhirnya, ia memulai berjualan secara online.


Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyaknya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber. Seperti M. Sholihin Nur Tarigan Tua yang bertanya apa yang harus dilakukan pemerintah Indonesia dan masyarakat kita, agar dapat menjangkau dunia digital ini ke seluruh lapisan masyarakat di Indonesia? Narasumber Muhammad Ikhsan, S.T, M.Kom menanggapi perlu adanya penyuluhan ke berbagai daerah terkait edukasi digital sendiri, sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat menikmatinya.


Webinar ini merupakan satu dari rangkaian webinar yang diselenggarakan di Kabupaten Langkat. Masyarakat diharapkan dapat hadir pada webinar-webinar yang akan datang.


(litdig/kh)

Tags