Webinar Literasi Digital Menjaga Kualitas Belajar Dari Rumah Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh


Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh kembali bergulir. Pada Sabtu, 7 Agustus 2021 pukul 09.00 hingga 12.00, telah dilangsungkan Webinar bertajuk “Menjaga Kualitas Belajar dari Rumah”.

Kegiatan massif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan  kognitif-nya untuk  mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet. 

Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 202,6 juta jiwa. Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Ini artinya, penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen. 

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah terkait literasi digital. "Hasil survei literasi digital yang kita lakukan bersama siberkreasi dan katadata pada 2020 menunjukkan bahwa indeks literasi digital Indonesia masih pada angka 3,47 dari skala 1 hingga 4. Hal itu menunjukkan indeks literasi digital kita masih di bawah tingkatan baik," katanya lewat diskusi virtual. Dalam konteks inilah webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI ini menjadi agenda yang amat strategis dan krusial, dalam membekali seluruh masyarakat Indonesia beraktifitas di ranah digital.

Pada webinar yang menyasar target segmen pelajar dan guru, dihadiri oleh sekitar 786 peserta daring ini, hadir dan memberikan materinya secara virtual, para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni Dr (C) Rr Vemmi Kesuma Dewi, M.Pd, Akademisi Bid. Pendidikan dan Praktisi Pendidikan Ramah Anak; Resista Vikaliana, S.Si., M.M, Akademisi Bid. Manajemen, Penulis Buku, Penggiat Taman Bacaan KBM; Affilinda, S.Pd., M.Pd, Kepala Sekolah SMPN 1 Darul Imarah Aceh Besar; dan Siti Nurhidayah, S.Pd., M.Sc, Dosen  Pascasarjana UIN STS Jambi. Fithri Widanarty sebagai Key Opinion Leader (KOL) dan memberikan pengalamannya. Para narasumber tersebut memperbincangkan tentang 4 pilar literasi digital, yakni Digital Culture, Digital Ethic, Digital Safety dan Digital Skill. 

Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyaknya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber. Seperti Ria Pulungan yang bertanya bagaimana tips untuk tetap bisa mengajar online (baik saat pandemi maupun untuk mengejar ketertinggalan zaman) namun di daerah terpencil yang terkadang penggunaan internetnya sangat minim (masih rendah)? Narasumber Dr (C) Rr Vemmi Kesuma Dewi, M.Pd menanggapi dari sudut pandang pendidik, dari perspektif siswa, apakah dia bermain sosial atau tidak. Jika iya seharusnya dapat belajar juga. Seorang guru bisa menggunakan tema one teacher one server, guru membuat list siswa mana saja yang memiliki fasilitas untuk belajar online. Nanti terlihat mana yang memiliki, bergantian dengan keluarga atau bahkan tidak memiliki sama sekali. Kumpulan anak di suatu tempat, guru menyediakan wifi router untuk membagikan internet kepada muridnya. Guru harus proaktif dengan siswa. Guru melakukan koordinasi dengan orangtua. Pendampingan siswa, guru mendatangi siswa dari rumah ke rumah.

Webinar ini merupakan satu dari rangkaian webinar yang diselenggarakan di Kabupaten Aceh Besar. Masyarakat diharapkan dapat hadir pada webinar-webinar yang akan datang.


(litdig/nf)

Tags