Webinar Literasi Digital Peran Organisasi Profesi Di Era Digital Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan


Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan kembali bergulir. Kali ini mengusung tema “Peran Organisasi Profesi di Era Digital”.


Kegiatan yang berlangsung pada hari Rabu, 14 Juli 2021 pukul 09.00-12.00 ini mengupas tentang peran organisasi profesi di era digital.


Kegiatan massif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif-nya untuk  mengidentifikasi hoax serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet. 


Kegiatan yang  secara nasional telah dibuka oleh Presiden Jokowi ini dilaksanakan secara simultan di semua daerah dengan target 10 juta partisipan mengikuti webinar dan tersentuh oleh literasi digital. 


Pada webinar yang menyasar target segmen organisasi dan masyarakat umum, sukses dihadiri oleh sekitar 239 peserta daring ini, hadir dan memberikan materinya secara virtual, para Narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni Bambang Sadono S.H., M.H, Dosen Program Ilmu Magister Hukum; M. Isrok Nugroho, S.P., M.Si, M.T, Project Manager/Consultant; Redi Kales, S.H, Komisioner KPU Muara Enim; dan Ir. Andryan Wikrawardana, Sekretaris KAHMI Muara Enim. Penggiat media sosial Rezky Firmansyah bertindak sebagai Key Opinion Leader (KOL) dan memberikan pengalamannya. Hadir pula selaku Keynote Speaker, Samuel A. Pangerapan Dirjen Aptika Kementerian Kominfo memberikan sambutan.


Pada Sesi pertama, Bambang Sadono S.H., M.H menyampaikan media itu harus kita gunakan dengan positif, pemerintah sudah mengatur memfasilitasi media digital ini sebaiknya kita memanfaatkan media digital dengan baik. Saat bermedsos kita perlu beretika dengan baik.


Giliran pembicara kedua, M. Isrok Nugroho, S.P., M.Si mengatakan tidak semua program di internet itu aman, dalam penggunaan internet ada risiko & ancaman seperti kecanduan, konten negatif, cyber bullying, pelanggaran privasi, pedofil online.


Tampil sebagai pembicara ketiga, Redi Kales, S.H menjelaskan budaya digital merupakan budaya yang terbentuk dari interaksi satu dengan yang lainnya (masyarakat) melalui perangkat digital. Pemilihan perangkat ini dianggap lebih efisien karena mampu meningkatkan proses dan waktu kerja.


Pembicara keempat, Ir. Andryan Wikrawardana menuturkan menjadi cerdas, digital skills seperti apa yang dibutuhkan oleh kita? yaitu merespon perubahan dan menjawab kebutuhan kemajuan zaman, ruang berbagi, menjadi jejaring untuk membangun kolaborasi antar stakeholder, Ruang untuk mengembangkan ekonomi kreatif dan ekonomi kerakyatan. 


Rezky Firmansyah selaku Key Opinion Leader menyampaikan banyak orang yang mau jadi content creator, maunya aja tetapi tidak mulai, dan banyak juga orang ketika memulai menjadi content creator Ketika mengupload sebuah konten like nya dikit commentnya dikit, itu langsung putus asa dan tidak mau memulai lagi, padahal orang melihat durasinya.


Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyaknya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber. Seperti Afri yang bertanya bagaimana yang mengkritik dan menghina karena sejauh ini masih banyak masyarakat yang belum tahu? Narasumber Bambang Sadono S.H., M.H menanggapi Kalau etika itu norma kepantasan yang mengukur adalah rasa yang ada di masyarakat pantas maupun tidak pantas. Kalau mau masuk hukum itu masuk ke undang undang, yang perlu ditimbangkan konten2 digital itu tidak masuk undang undang ITE, tetapi bisa saja masuk kesitu. Kalau kita beretika mungkin hukum tidak. Kalau mengkritik kita lihat dulu hukum hukum yang ada.


Webinar ini merupakan satu dari rangkaian webinar yang diselenggarakan di Kabupaten Muara Enim. Masyarakat diharapkan dapat hadir pada webinar-webinar yang akan datang.


(litdig/kh)

Tags