Webinar Literasi Digital Saatnya Peserta Didik Dan Guru Terampil Belajar Daring (Online) Kabupaten Batu Bara Provinsi Sumatera Utara


Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara kembali bergulir. Kali ini mengusung tema “Saatnya Peserta Didik dan Guru Terampil Belajar Daring (Online)”.


Kegiatan yang berlangsung pada hari Senin, 19 Juli 2021 pukul 09.00-12.00 ini mengupas tentang saatnya peserta didik dan guru terampil belajar daring (online).


Kegiatan massif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif-nya untuk  mengidentifikasi hoax serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet. 


Kegiatan yang  secara nasional telah dibuka oleh Presiden Jokowi ini dilaksanakan secara simultan di semua daerah dengan target 10 juta partisipan mengikuti webinar dan tersentuh oleh literasi digital. 


Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah terkait literasi digital. "Hasil survei literasi digital yang kita lakukan bersama siberkreasi dan katadata pada 2020 menunjukkan bahwa indeks literasi digital Indonesia masih pada angka 3,47 dari skala 1 hingga 4. Hal itu menunjukkan indeks literasi digital kita masih di bawah tingkatan baik," katanya lewat diskusi virtual. Dalam konteks inilah webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI ini menjadi agenda yang amat strategis dan krusial, dalam membekali seluruh masyarakat Indonesia beraktifitas di ranah digital.


Pada webinar yang menyasar target segmen mahasiswa, pengajar, dan warga, sukses dihadiri oleh sekitar 972 peserta daring ini, hadir dan memberikan materinya secara virtual, para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni Rasianna Br Saragih, S.Sos., M.Si, Dosen Ilmu Komunikasi UNIB; Eval Wari, ACC, Secretary General International Coaching Federation (ICF) Indonesia dan CEO Leadership Resources Indonesia; Dr. Mardhatillah, S.Pd.I., M.Pd, Dekan FKIP Universitas BBG Banda Aceh; dan Eko Febri Syahputra Siregar, M.Pd, Kaprodi PGSD UMSU. Penggiat media sosial Wahyu Wiwoho bertindak sebagai Key Opinion Leader (KOL) dan memberikan pengalamannya. Hadir pula selaku Keynote Speaker, Samuel A. Pangerapan Dirjen Aptika Kementerian Kominfo memberikan sambutan. Para narasumber tersebut memperbincangkan tentang 4 pilar literasi digital, yakni Digital Culture, Digital Ethic, Digital Safety dan Digital Skill


Webinar ini merupakan satu dari rangkaian webinar yang diselenggarakan di Kabupaten Batu Bara. Masyarakat diharapkan dapat hadir pada webinar-webinar yang akan datang.


(litdig/kh)

Tags