Webinar Literasi Digital Saatnya Peserta Didik Dan Guru Terampil Belajar Daring (Online) Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu


Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu kembali bergulir. Kali ini mengusung tema “Saatnya Peserta Didik dan Guru Terampil Belajar Daring (Online)”.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Rabu, 14 Juli 2021 pukul 14.00-17.00 ini mengupas tentang bagaimana agar peserta didik dan guru terampil selama pembelajaran daring atau online.

Kegiatan massif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif-nya untuk  mengidentifikasi hoax serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet. 

Kegiatan yang  secara nasional telah dibuka oleh Presiden Jokowi ini dilaksanakan secara simultan di semua daerah dengan target 10 juta partisipan mengikuti webinar dan tersentuh oleh literasi digital. 

Pada webinar yang menyasar target segmen pelajar dan guru, sukses dihadiri oleh sekitar 90 peserta daring ini, hadir dan memberikan materinya secara virtual, para Narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni Amirullah, Dosen dan Sekjen P2BPT Indonesia; Resista Vikalina, S.Si., M.M, Akademisi Bidang Manajemen, Penulis Buku, dan Penggiat Taman Bacaan KBM; Roni Yulianto, S.Pd., M.Kom, Guru SMKN 1 Kepahiang; dan Elfison Dahsananranca Syawtupan, S.E., M.Ak, Guru SMKN 4 Kepahiang. Penggiat media sosial media Hanna Faridl bertindak sebagai Key Opinion Leader (KOL) dan memberikan pengalamannya. Hadir pula selaku Keynote Speaker, Samuel A. Pangerapan Dirjen Aptika Kementerian Kominfo memberikan sambutan.

Pada Sesi pertama, Amirullah menyampaikan pembelajaran daring bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, tentu dengan penunjang lainnya seperti perangkat yang memadai, juga dengan meningkatkan para pendidik agar pembelajaran jarak jauh dapat diterima peserta didik dengan baik.

Giliran pembicara kedua, Resista Vikalina, S.Si., M.M mengatakan internet sehat merupakan penggunaan internet untuk melindungi diri sendiri serta orang lain dari kemungkinan bahaya atau risiko di dunia online atau penggunaan internet secara bijak dan sesuai dengan etika atau norma yang berlaku. Tips anak aman dan sehat dalam pembelajaran daring adalah memberi pemahaman dan pengetahuan kepada peserta didik tentang privasi, perlindungan digital dan etika atau kesopanan dalam menggunakan aplikasi serta bermedia sosial, serta menjaga perangkat tetap terjaga keamanannya termasuk perangkat lunak.

Tampil sebagai pembicara ketiga, Roni Yulianto, S.Pd., M.Kom menjelaskan jejak digital sulit untuk dihapuskan, maka Bijaklah dalam bermedia sosial, karena bijak adalah ciri-ciri orang yang cerdas.

Pembicara keempat, Elfison Dahsananranca Syawtupan, S.E., M.Ak menuturkan revolusi industri 4.0 mengarah tuntutan dunia pendidikan ke arah pembelajaran digital, serta perkembangan digital untuk dunia pendidikan melaju lebih cepat akibat dari pandemi. Pesatnya teknologi telah mengubah cara masyarakat beraktivitas dan bekerja, dan keterampilan pada abad 21 yaitu dengan transformasi digital.

Hanna Faridl selaku Key Opinion Leader menyampaikan tantangan terbesar dalam proses belajar mengajar yaitu mindset, kemudian kemampuan beradaptasi. Kita harus terus belajar, bukan hanya anak-anak melainkan orang dewasa sekalipun.

Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyaknya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber. Seperti Fahmi yang bertanya bagaimana dengan tenaga pengajar yang termasuk generasi gagap digital dapat menyesuaikan dalam penyampaian materi dengan kemampuan visual yang baik? Narasumber Amirullah menanggapi transformasi digital yaitu bagaimana memberdayakan manusianya, maka dengan memberikan pelatihan khusus kepada para tenaga pendidik atau para tenaga pendidik harus mencari dan terus belajar mengikuti perkembangan digital.

Webinar ini merupakan satu dari rangkaian webinar yang diselenggarakan di Kabupaten Kepahiang. Masyarakat diharapkan dapat hadir pada webinar-webinar yang akan datang.


(litdig/deo)

Tags