Webinar Literasi Digital Sejahtera Lewat Dunia Digital Kota Binjai Provinsi Sumatera Utara


Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kota Binjai, Provinsi Sumatera Utara bergulir. Kali ini mengusung tema “Sejahtera Lewat Dunia Digital”.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu, 17 Juli 2021 pukul 14.00-17.00 ini mengupas tentang sejahtera lewat dunia digital.

Kegiatan massif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif-nya untuk  mengidentifikasi hoax serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet. 

Kegiatan yang  secara nasional telah dibuka oleh Presiden Jokowi ini dilaksanakan secara simultan di semua daerah dengan target 10 juta partisipan mengikuti webinar dan tersentuh oleh literasi digital. 

Pada webinar yang menyasar target segmen mahasiswa, pemuda, dan masyarakat umum, sukses dihadiri oleh sekitar 544 peserta daring ini, hadir dan memberikan materinya secara virtual, para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni Muhaimin, S.IP, MA, CEO Nextup ID; Fitria Widi Waluya, TV Presenter dan Owner Eloxa; Arie Chandra Panjaitan, S.Pd, M.Si, Lecturer dan Digital Preneur; dan Muhammad Siddik Hasibuan, M.Kom, Dosen Fakultas Sains dan Teknologi UINSU. Penggiat media sosial Leon Koil bertindak sebagai Key Opinion Leader (KOL) dan memberikan pengalamannya. Hadir pula selaku Keynote Speaker, Samuel A. Pangerapan Dirjen Aptika Kementerian Kominfo memberikan sambutan.

Pada Sesi pertama, Muhaimin, S.IP, MA menyampaikan marketing digital adalah segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media digital. Contohnya media internet dan salah satu tujuannya adalah mempromosikan suatu produk atau jasa kepada calon konsumen. Marketplace bisa dianggap sebagai penyedia jasa mall online. Marketplace menyediakan lapisan keamanan tambahan untuk setiap transaksi yang terjadi.

Giliran pembicara kedua, Fitria Widi Waluya mengatakan di dalam bermain media social kita harus memiliki emosi yang positif, karena akan banyak tantangan di media social sehingga kita harus memiliki kemampuan digital supaya bisa menghadapinya. Di Dunia digital kita tidak bisa menebak produser informasi. Untuk itu kita harus memiliki toleransi dalam menggunakannya, yaitu dengan berhenti mengkotak-kotakkan orang dan berpikir sebelum memposting apapun. Salah satu tujuan teknologi digital yaitu: Mencerdaskan bangsa.

Tampil sebagai pembicara ketiga, Arie Chandra Panjaitan, S.Pd, M.Si menjelaskan pertajam kemampuan, lalu cobalah peruntungan dengan mendaftar di sejumlah situs atau perusahaan yang membutuhkan keahlian Anda. Perlu diingat bahwa cara mendapatkan uang dari Internet yang kami bahas di artikel ini tidak serta-merta mendatangkan banyak uang. Bekerjalah sepenuh hati. Seiring dengan meningkatnya keahlian dan juga profesionalitas, pendapatan Anda juga akan bertambah.

Pembicara keempat, Muhammad Siddik Hasibuan, M.Kom menuturkan digital skill adalah keahlian menggunakan teknologi. Media digital adalah media yang dikodekan dalam format yang dapat dibaca oleh mesin. Salah satu tujuan digital skill yaitu: menyajikan informasi yang bagus, baik dan benar.

Leon Koil selaku Key Opinion Leader menyampaikan media ini membuat kita tanpa batas dan mudah dalam melakukan apapun, namun media digital ini memiliki banyak dampak negative jika kita tidak menggunakannya dengan hati-hati dan bijak. Inilah pentingnya kita harus paham mengenai literasi digital.

Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyaknya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber. Seperti Nadila yang bertanya bagaimana menciptakan kultur dengan Digital Mindset di lingkungan masyarakat, mengingat masih banyak yang masih belum paham dengan adanya transformasi digital di era digital pada saat ini? Narasumber Muhaimin, S.IP, MA menanggapi kebutuhan mindset merupakan kebutuhan kita di era digital seperti sekarang ini. Kita harus memiliki kesadaran untuk menggunakan media digital dengan positif dan bermanfaat.

Webinar ini merupakan satu dari rangkaian webinar yang diselenggarakan di Kota Binjai. Masyarakat diharapkan dapat hadir pada webinar-webinar yang akan datang.

(litdig/sm)

Tags