Webinar Literasi Digital Tips Dan Trik Berinternet Untuk Milenial Kota Metro Provinsi Lampung


Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kota Metro, Provinsi Lampung kembali bergulir. Pada Kamis, 29 Juli 2021 pukul 09.00 hingga 12.00, telah dilangsungkan Webinar bertajuk “Tips dan Trik Berinternet untuk Milenial”.

Kegiatan massif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan  kognitif-nya untuk  mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet. 

Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 202,6 juta jiwa. Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Ini artinya, penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen. 

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah terkait literasi digital. "Hasil survei literasi digital yang kita lakukan bersama siberkreasi dan katadata pada 2020 menunjukkan bahwa indeks literasi digital Indonesia masih pada angka 3,47 dari skala 1 hingga 4. Hal itu menunjukkan indeks literasi digital kita masih di bawah tingkatan baik," katanya lewat diskusi virtual. Dalam konteks inilah webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI ini menjadi agenda yang amat strategis dan krusial, dalam membekali seluruh masyarakat Indonesia beraktifitas di ranah digital.

Pada webinar yang menyasar target segmen masyarakat umum, dihadiri oleh sekitar 1155 peserta daring ini, hadir dan memberikan materinya secara virtual, para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni Ninuk Wiliani, S.Si., M.Kom, Dosen dna Youth Education Observer; Asrul Sani, S.T., M.Kom., M.T, Operasional Manager PT. Mega Laras Lestari; Dr. Mukhtar Hadi, M.Si, Dosen dan DIrektur Program Pascasarjana IAIN Metro; dan Jefri Ramdani, S.Pd., CH. CHt, Millennial Influencer, Motivator Muda dan Founder ILC English Course. Qonitah Azzahra sebagai Key Opinion Leader (KOL) dan memberikan pengalamannya. Para narasumber tersebut memperbincangkan tentang 4 pilar literasi digital, yakni Digital Culture, Digital Ethic, Digital Safety dan Digital Skill. 

Pada sesi pertama, Ninuk Wiliani, S.Si., M.Kom menyampaikan lulusan tidak dipersenjatai dengan keahlian yang memang dibutuhkan oleh perusahaan terutama dalam bidang keahlian digital. Ketimpangan terjadi antara kebutuhan perusahaan dan profil pencari kerja. pilihan kursus online dan offline di bidang teknologi digital dan inovasi.

Giliran pembicara kedua, Asrul Sani, S.T., M.Kom., M.T mengatakan jangan mengekspos informasi yang banyak di social media manapun. Jangan sampai kasih alamat lengkap, kota kelahiran, nama anggota keluarga, tempat kerja, kantor, dan data lain yang bisa dimanfaatkan oleh hacker. Install aplikasi anti-hilang. Selain media komunikasi, smartphone juga harusnya punya kemampuan untuk menunjukkan lokasi sewaktu hilang atau dicuri orang lain.

Tampil sebagai pembicara ketiga, Dr. Mukhtar Hadi, M.Si menjelaskan kita harus bijak dalam bermedsos dengan hati-hati menyebarkan informasi pribadi ke publik. gunakan etika dan norma saat berinteraksi dengan siapapun.

Pembicara keempat, Jefri Ramdani, S.Pd., CH. CHt., menuturkan digitalisasi merupakan suatu keniscayaan dan Indonesia harus siap mengambil manfaat melalui potensi yang besar yang sangat sayang sekali jika dioptimalkan salah satunya adalah generasi milenial.

Qonitah Azzahra selaku Key Opinion Leader menyampaikan menggunakan media digital dengan bijak agar mereka percaya dengan produk kita dan mendapat timbal balik yang baik dari mereka.

Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyaknya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber. Seperti Adelia Delima yang bertanya bagaimana dengan perkembangan global digital saat ini akses dari budaya luar sangat mudah, otomatis akan sangat berdampak bagi orang indonesia. Mengingat sangat pentingnya digitalisasi di era sekarang ini, bagaimana caranya agar generasi millenial tetap menunjukan sikap cinta tanah air di tengah era digitalisasi 4.0 agar karakter dan nasionalisme kaum milenial mampu mempertahankan ideologi bangsa, bahkan bukan hanya bertahan melainkan bisa membanggakan Indonesia dengan kemajuan digital? Narasumber Ninuk Wiliani, S.Si., M.Kom menanggapi karena sebuah konten dari luar banyak sekali. Buat konten yang bermanfaat dengan mengasah skill. Apapun yang mau kita lakukan ucapkan dulu yang baik. Jangan kalah dengan orang luar. Jangan patah semangat tetap kreatif, inovatif, dan jadi orang yang cerdas.

Webinar ini merupakan satu dari rangkaian webinar yang diselenggarakan di Kota Metro. Masyarakat diharapkan dapat hadir pada webinar-webinar yang akan datang.


(litdig/deo)

Tags