Webinar Peluang dan Tantangan Bisnis Online di Era Digital Medan


BERITANESIA.ID - Rangkaian Webinar sebagai bagian dari Gerakan Nasional Literasi Digital yang pada 20 Mei 2021 lalu telah dibuka oleh presiden Jokowi kembali bergulir. Kali ini di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, dengan mengusung tema “Peluang dan Tantangan Bisnis Online di Era Digital”.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Kamis, tanggal 24 Juni 2021 pukul 09.00 - 12.00 ini mengupas tentang kemajuan dunia digital yang telah membuat semua orang bisa mulai berbisnis dengan skala yang dapat disesuaikan dengan kemampuan masing-masing pelaku usaha.

Pada webinar yang menyasar target segmen Mahasiswa & Umum ini sukses dihadiri oleh sekitar 300 peserta daring. Hadir dan memberikan materinya secara virtual, para Narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni Dr. Ir. Soni Trison, S.Hut, M.Si, Praktisi Wirausaha & Dosen IPB; Niken Rizki Amalia, S.Gz, M.Si, Owner Deenee Gallery; Dr. Muhammad Yafiz, M. ag, Dekan FEBI UINSU; Wan Muhammad Hasbullah, S.Sos, M.Ikom, Komisaris PT. Mina Mulia Perkasa & Ketua IKABOGA Kota Medan. Penggiat media sosial yang juga seorang Watercolor Illustrator, Influencer, dan Dosen Erisa Fadhila bertindak sebagai Key Opinion Leader (KOL) dan memberikan pengalamannya. Hadir pula selaku Keynote Speaker, Samuel A. Pangerapan Dirjen Aptika Kementerian Kominfo.

Pada sesi pertama Dr. Ir. Soni Trison, S.Hut., M.Si. memaparkan bahwa kita bisa menjadi sebaik-baik manusia yang memberikan manfaat ke orang lain, yaitu dengan berwirausaha. Buatlah produk lalu promosikan, dan branding produk dengan harga yang lebih murah. Feedback dari pembeli merupakan layanan yang diberikan marketplace untuk kualitas produk dan penjual. Kita butuh strategi untuk meraih jaringan yang luas. Ia menambahkan bangun terus energi, networking, dan relasi. 

Tampil sebagai pembicara kedua Niken Rizki Amalia, S.Gz., M.Si. yang menjelaskan digital payment adalah sistem pembayaran menggunakan media elektronik. Kemudian beberapa keuntungan dari transaksi online yaitu aman, bisa dilakukan kapan saja, cepat, mudah, dan hemat tenaga. Jenis-jenis pembayaran digital yang tersedia saat ini yaitu SMS banking, internet banking, m-banking, dan e-money. Untuk mengamankan transaksi online buat password yang kuat, gunakan dua factor authentication dan amankan kode OTP, cek setting “izin aplikasi” pada handphone, menggunakan email untuk registrasi akun, jangan klik link yang mencurigakan, dan ganti password secara berkala. 

Sebagai pembicara ketiga tampil Dr. Muhammad Yafiz, M.Ag. yang menjelaskan bahwa seorang entrepreneur harus memiliki growth mindset (kegagalan adalah kesempatan untuk tumbuh). Kemampuan paling dasar dapat dikembangkan melalui dedikasi dan kerja keras, otak dan bakat hanyalah titik awal. Jangan berpikir bahwa apa yang sudah kita capai saat ini sudah final, melainkan kita harus memperbarui terus. Paradigma dalam membangun bisnis, yaitu integritas, menyukai belajar hal-hal baru, kemampuan memanfaatkan waktu dan peluang serta menciptakannya, beradaptasi pada perubahan, rendah hati, dan murah hati

Pembicara keempat  Wan Muhammad Hasbullah, S.Sos., M.I.Kom. menjadi pembicara terakhir mengatakan kesuksesan dalam bisnis itu ditentukan oleh 95% mindset (pola pikir & pola sikap) serta 5% skill. Empat kaki meja bisnis, yaitu marketing, production, sumber daya manusia, dan financial. Business owner dengan mental yang kuat, akan mendorong kepemimpinan yang kuat, kepemimpinan yang kuat akan mendorong kinerja yang hebat, kemudian kinerja yang hebat akan mendorong cost yang rendah. 

Erisa Fadhila sebagai key opinion leader dalam webinar kali ini menuturkan sekarang merupakan masa emas untuk memulai bisnis online. Jangan takut untuk berbisnis, semakin besar peluang, maka tantangannya pun lebih besar, oleh karena itu pertahankanlah konsistensi. Persaingan sangat besar dan ketat. Kita harus pintar cari celah untuk mencari pasar kita.

Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyaknya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber. Pertanyaan dari salah satu peserta Sri Ramadhanty kepada Narasumber Wan Muhammad Hasbullah, S.Sos.,M.I.Kom., bagaimana cara kita memulai usaha online agar tetap menjaga konsistensi tanpa terpengaruh dengan persaingan yang ketat dan kompetitif? Narasumber menjawab aspek penting yang harus difokuskan dan dikembangkan yaitu marketing, production, sumber daya manusia, dan financial.

Webinar ini merupakan satu dari ribuan webinar yang secara simultan dan massif diselenggarakan di seluruh daerah di Indonesia. Kegiatan massif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan  kognitif-nya untuk  mengidentifikasi hoax serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet. 

Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 202,6 juta jiwa. Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Ini artinya, penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen. 

Namun pada saat bersamaan, data menunjukkan bahwa indeks literasi digital Indonesia masih pada angka 3,47 dari skala 1 hingga 4. Hal itu menunjukkan indeks literasi digital Indonesia masih di bawah tingkatan baik. Dalam konteks inilah webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI ini menjadi agenda yang amat strategis dan krusial, dalam membekali seluruh masyarakat Indonesia beraktifitas di ranah digital.