Makanan Yang Harus Dihindari Untuk Pengidap Darah Tinggi


Darah tinggi dapat meningkatkan resiko berbagai penyakit yang serius. Darah tinggi dapat dikelola dengan baik, agar tidak terkena komplikasi. Salah satu cara menjaga tekanan darah tetap normal adalah mengindari makanan yang dapat memicu tekanan darah menjadi tingi.

Ada beberapa makanan yang harus dihindari oleh pengindap darah tinggi, yaitu :

          1. Garam 

Makanan utama yang harus dihindari oleh pengindap darah tinggi adalah garam atau natrium. Karena garam dapat mengikat cairan, sehingga meningkatkan volume darah. Asupan garam perlu dibatasi, yaitu maksimal 1.500 miligram per hari, atau setara dengan 1 sendok teh.

           2. Kulit Ayam

Tidak di sangka bukan, kulit ayam salah satu makanan yang harus dihindari untuk pengidap darah tinggi. Karena kulit ayam  banyak mengandung lemak jenuh dan lemak trans, apalagi diolah dengan cara di goreng.

            3. Makan & Minuman Manis

Makanan & minuman yang mengandung banyak gula tinggi dapat menyebabkan bertambah nya berat badan dengan cepat dan memicu terjadinya obesitas. Hal ini karena tumpukan lemak dalam tubuh dapat membuat jantung bekerja ekstra menyempitkan pembuluh darah sehingga terjadilah darah tinggi. 

Maka dari itu kurangi mengonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung gula tinggi.

            4. Alkohol

Sering mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan tenakan darah meningkat dan merusak dinding pembuluh darah, serta meningkatkan risiko komplikasi lebih lanjut.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari pengidap darah tinggi. Selain menghindari makanan-makanan tersebut, penting juga untuk menerapkan pola hidup sehat lain, seperti rutin berolahraga, mengelola stres dengan baik, dan istirahat yang cukup. 

(halodoc/nf)

    

Tags