Microsoft Menciptakan Platform Yang Dapat Membantu Cara Kerja Jarak Jauh


Platform terbaru yang dapat membantu proses kerja jarak jauh

BERITANESIA.ID - Microsoft meluncurkan inisiatif baru untuk membantu bisnis terkait metode bekerja dari luar kantor atau jarak jauh, bertajuk Microsoft Viva. Inisiatif ini juga merupakan pertaruhan besar Microsoft pada metode kerja yang kini menjadi norma baru. 

Mengutip The Verge, Microsoft Viva dirancang untuk bertindak sebagai portal bagi pegawai dan bisnis dalam menavigasikan kerumitan metode bekerja dari rumah. Microsoft meluncurkan platform ini secara berkala sepanjang tahun 2021.

CEO Microsoft Satya Nadella mengklaim bahwa Microsoft telah berpartisipasi secara penuh, pada skala eksperimen kerja jarak jauh yang pernah diketahui oleh dunia. Nadella juga menggarisbawahi bahwa pandemi yang berlangsung selama 11 bulan ini telah mengubah cara masyarakat bekerja, belajar dan hidup.

Dengan dunia yang tengah berupaya memulihkan diri, Nadella menyebut masyarakat tidak dapat kembali ke masa lalu. Fleksibilitas dalam waktu, lokasi dan cara masyarakat bekerja, lanjut Nadella, menjadi kunci dalam menjalani kehidupan. 

Microsoft Viva bukanlah aplikasi atau bahkan layanan namun lebih kepada platform untuk meningkatkan metode kerja jarak jauh dan membantu bisnis dalam menyesuaikan diri dengan metode dan kondisi saat ini.

Bisnis secara kolektif menghabiskan miliaran dolar setiap tahun untuk kesehatan pegawai, namun Microsoft berpendapat bahwa Viva akan mampu membantu dalam era kerja digital baru ini, dan Microsoft mengimbau bisnis untuk berhenti berpikir menyoal pekerjaan sebagai lokasi. 

Kepala Microsoft 365 Jared Spataro mengimbau bisnis untuk mulai berpikir soal cara mempertahankan budaya, menghubungkan pegawai, dan memanfaatkan kecerdikan manusia dalam dunia hibrida.

Spataro dengan cepat memprediksi sejak awal pandemi bahwa hal itu akan selamanya mengubah cara kita bekerja dan belajar, dan Microsoft Viva jelas merupakan hasil dari tren yang telah disaksikan Microsoft.

Dirancang untuk era kerja digital dan fleksibel baru ini, Viva terintegrasi pada Microsoft Teams dan berfungsi serupa intranet untuk bagian versi dalam dengan menghimpun bagian penting bisnis ke dalam lokasi terpusat.

Microsoft memisahkan Viva menjadi empat modul spesifik, yaitu koneksi, insight, topik, dan pembelajaran.