• Beranda
  • Berita
  • Netanyahu Ancam Serang Yaman Setelah Rudal Houthi Menghantam Israel
Internasional

Netanyahu Ancam Serang Yaman Setelah Rudal Houthi Menghantam Israel

By Beritanesia Senin, 16 September 2024 Pengunjung (40) 2 Menit Bacaan
netanyahu-ancam-serang-yaman-setelah-rudal-houthi-menghantam-israel Netanyahu Threatens Yemen After Houthi Missile Hits Israel

BERITANESIA.ID, Yerusalem – Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengeluarkan peringatan keras terhadap kelompok Houthi di Yaman setelah serangan rudal dari Yaman menghantam wilayah Israel Tengah pada Minggu pagi (15/9/2024). Netanyahu menegaskan bahwa Israel tidak akan membiarkan serangan tersebut tanpa balasan.

"Pagi ini, Houthi meluncurkan rudal dari Yaman ke wilayah kami. Mereka seharusnya sudah tahu bahwa tindakan seperti itu akan mendapatkan harga yang sangat mahal," ujar Netanyahu, dikutip dari AFP.

Netanyahu juga mengisyaratkan serangan balasan ke Pelabuhan Hodeida di Yaman, sebuah kota di Laut Merah yang pernah dibom Israel pada bulan Juli setelah Houthi mengklaim serangan pesawat nirawak yang menewaskan seorang warga sipil di Tel Aviv.

Houthi merupakan salah satu kelompok yang didukung Iran di kawasan Timur Tengah, yang semakin terseret dalam konflik yang dipicu oleh serangan Hamas di wilayah selatan Israel pada 7 Oktober lalu.

Di sisi utara Israel, kelompok Hizbullah Lebanon juga terlibat baku tembak dengan pasukan Israel. Situasi di perbatasan Israel-Lebanon semakin tegang dan berisiko berkembang menjadi perang habis-habisan. Militer Israel melaporkan bahwa sekitar 40 proyektil ditembakkan dari Lebanon ke wilayah Galilea dan Dataran Tinggi Golan yang dianeksasi pada Minggu pagi.

Puluhan ribu warga di kedua sisi perbatasan telah mengungsi akibat eskalasi ini. Netanyahu menegaskan bahwa situasi saat ini tidak dapat dibiarkan berlarut-larut.

"Kami akan melakukan segala yang diperlukan untuk memastikan penduduk kami kembali dengan selamat ke rumah mereka," tegas Netanyahu. Dia menambahkan bahwa Israel saat ini tengah terlibat dalam kampanye multi-arena melawan poros Iran yang disebutnya sebagai ancaman bagi keberlangsungan negara.

Netanyahu menyampaikan bahwa perlu ada perubahan dalam keseimbangan kekuatan di perbatasan utara Israel untuk mencegah eskalasi lebih lanjut.

Berita Lainnya