Rejeki Nomplok, Penambang Ini Temukan Berlian Seberat 1.098 karat


BERITANESIA.ID - Ini benar-benar rezeki nompok. Bayangkan, para penambang di Bostwana Afrika Selatan menemukan berlian yang ternyata mencapai berat 1.098 karat dan kemudian tercatat sebagai berlian terbesar ketiga di dunia.

Seorang juru bicara perusahaan pertambangan Debswana mengatakan temuan itu merupakan batu berlian terbesar yang pernah ditemukan dalam sejarah perusahaan selama lima dekade terakhir.

"Dari analisis awal kami, itu bisa menjadi batu permata berkualitas terbesar ketiga di dunia," kata Lynette Amstrong, direktur pelaksana perusahaan pertambangan Debswana dikutip dari Bloomberg.

"Batu langka dan luar biasa… sangat berarti dalam konteks berlian dan Botswana. Ini membawa harapan bagi bangsa yang sedang berjuang," katanya.

Dilaporkan The Guardian, Botswana adalah produsen berlian terkemuka di Afrika dan juga menjadi penemu berlian terbesar kedua di dunia pada 2015 lalu. Berlian yang memiliki berat 1.109 karat itu memiliki nama julukan Lesedi La Rona.

Sementara berlian terbesar di dunia yang disebut Cullinan memiliki ukuran jauh lebih besar ketimbang berlian kedua dan ketiga. Batu pertama seberat 3.106 karat itu ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1905.

Pada tahun 1908, permata titanic itu dipotong menjadi sekitar 100 bagian dengan bongkahan terbesar seberat 530 karat dikirim ke London, di mana ia menjadi perhiasan Kerajaan Sovereign Inggris.


Tags