5 Cara Agar Tetap Sehat dan Aktif di Usia 50-an


Tetap bugar di usia senja

BERITANESIA.ID - Memasuki usia 50 tahun ke atas, kebugaran tubuh bisa jadi mulai berkurang dibandingkan saat berusia lebih muda. Hal ini umumnya ditandai dengan tenaga (energi), massa otot, hingga kekuatan tulang yang perlahan mulai berkurang.

Meski begitu, bukan berarti orang berusia 50 tahun ke atas tidak bisa tetap sehat dan aktif. Dengan cara dan langkah yang tepat, Anda dapat menjaga kebugaran tubuh untuk tetap sehat dan aktif di hari tua.

Ingin tahu cara apa saja yang bisa Anda lakukan? Simak 5 kiat sehat dan aktif di usia 50-an dilansir dari Healthline berikut ini.

1. Olahraga Teratur

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat, serta meningkatkan mobilitas agar selalu aktif adalah dengan berolahraga secara teratur. Semakin banyak bergerak, maka tubuh akan makin dapat melawan infeksi dan peradangan sebab aktivitas fisik juga bisa menjadi booster untuk sistem kekebalan tubuh.

Meski telah memasuki usia 50-an, Anda tetap disarankan untuk berolahraga secara rutin dan teratur guna menjaga kesehatan. Cara ini juga dapat bantu meningkatkan energi dan stamina. Anda bisa coba praktikkan olahraga ringan, seperti berjalan, lari santai, atau yoga di rumah.

2. Istirahat yang Cukup

Yang juga penting untuk diperhatikan seiring bertambahnya usia adalah waktu beristirahat. Semakin bertambah usia, Anda perlu memperbanyak waktu istirahat karena tubuh membutuhkan lebih banyak waktu untuk memperbaiki diri sendiri.

Tidur yang cukup juga penting bagi kesehatan dan kebugaran karena ia berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, istirahat malam yang baik juga dapat bantu meningkatkan konsentrasi dan memori.

3. Konsumsi Suplemen

Ada beberapa suplemen yang bisa dikonsumsi oleh orang yang beranjak lanjut usia sesuai kebutuhan. Suplemen ini umumnya diperlukan untuk meningkatkan mobilitas dan fleksibilitas tubuh. Dengan konsumsi suplemen, Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Suplemen juga umumnya dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang, mengurangi rasa sakit kronis, hingga menjaga tingkat stres.

4. Kelola Stres

Tahukah Anda? Stres yang parah dapat mengganggu berbagai fungsi dalam tubuh hingga mengurangi mobilitas. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengelola stres terlebih di usia 50-an.

Tingkat stres yang tinggi bisa menyebabkan banyak penyakit, seperti tekanan darah tinggi, mulas, hingga risiko penyakit jantung. Karenanya, penting bagi Anda untuk mengelola stres demi kesehatan di hari tua. Pengelolaan stres dapat dilakukan dengan teknik relaksasi, seperti meditasi, yoga, dan latihan pernapasan yang bantu Anda tetap sehat dan aktif di hari tua.

5. Jaga Pola Makan Sehat

Meski terdengar umum, langkah yang satu ini sering kali tanpa disadari kurang diperhatikan. Padahal, konsumsi makanan yang sehat dan tepat bisa berdampak besar pada kesehatan dan mobilitas Anda.

Memasuki usia 50-an, penting bagi Anda untuk memenuhi diet penuh buah dan sayur yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat melindungi Anda dari bakteri dan virus berbahaya, sehingga Anda tetap sehat dan aktif di hari tua.

Selain itu, Anda juga perlu menjaga sendi tetap fleksibel agar senantiasa aktif di masa tua dengan minum banyak air sepanjang hari. Anda juga bisa konsumsi susu secara teratur sebagai bagian dari pola makan sehat guna menjaga kebugaran dan mendapat tambahan nutrisi penting bagi tubuh.

Adapun susu yang bisa jadi pilihan Anda ialah Ensure yang memiliki nutrisi lengkap dan seimbang. Ensure mampu mendukung fungsi penting otot serta menjaga daya tahan tubuh agar Anda senantiasa aktif dan sehat di hari tua.

Ensure memiliki nutrisi lengkap seimbang dengan kandungan triple protein, yakni kombinasi formula unik whey, kasein dan soya. Tidak hanya itu, Ensure juga mengandung omega 3 dan 6, 14 vitamin dan 9 mineral, rendah laktosa, dan diperkaya nutrisi penting lain yang bantu jaga daya tahan tubuh dan dukung kekuatan untuk aktif sepanjang hari.

Ensure yang memiliki uji klinis merupakan brand nutrisi dewasa dengan penjualan nomor 1 di dunia. Ensure juga merupakan produk bernutrisi terpercaya dan direkomendasikan di Indonesia.


Tags