7 Makanan Sarapan di Pagi Hari yang Tidak Bikin Ngantuk


ilustrasi sarapan olahan dari buah pisang

Beritanesia.ID - Sarapan adalah salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan untuk memulai hari. Memulai hari dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi sangat penting guna mendapatkan energi di sepanjang hari.

Ada banyak manfaat yang didapatkan lewat sarapan sehat. Sarapan merupakan salah satu langkah pertama untuk memasukkan nutrisi ke tubuh yang akan mempengaruhi paling tidak setengah waktu produktif kamu hingga siang hari.

Memilih makanan untuk sarapan terbilang gampang-gampang susah. Pasalnya kamu perlu memerhatikan nilai gizi. Makanan dengan tinggi gula sangat tidak dianjurkan, karena dapat membuat tubuh mudah mengantuk dan lemas.

Berikut tujuh makanan rendah gula untuk sarapan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber.

Kacang Panggang dengan Roti Gandum


Kacang panggang memiliki kandungan lemak yang rendah. Selain itu, kacang panggang juga memiliki kandungan serat yang kaya serta protein. Hal ini menjadikan kacang sebagai sumber protein vegetarian.

Roti gandum juga memiliki kandungan serat yang tinggi, serta kadar gula yang rendah. Kombinasi kedua bahan ini cocok dijadikan sebagai menu sarapan rendah gula yang menyehatkan.

Bubur Gandum


Bubur gandum bisa kamu jadikan sebagai menu sarapan sehat bebas gula. Pastikan tidak menambahkan pemanis seperti susu untuk mengurangi kandungan gula di dalamnya. Terlalu banyak mengonsumsi gula saat sarapan dapat membuat kamu cepat mengantuk.

Muesli


Muesli yang dicampurkan dengan buah segar dan yogurt rendah lemak dapat menghasilkan cita rasa yang mengagumkan. Selain segar, rasa yang ditimbulkan juga sangat unik.

Buah-buahan segar seperti strawberry, blueberry, atau raspberry bisa kamu campurkan. Yogurt rendah lemak akan memberikan asupan kalsium dan protein dan yang penting juga rendah lemak.

Alpukat


Alpukat merupakan salah satu pilihan makanan rendah gula yang bisa kamu nikmati. Buah alpukat sangat baik untuk sarapan karena rendah gula dan mengandung lemak sehat yang mudah diubah menjadi energi di pagi hari.

Berbeda dengan lemak pada daging atau santan. Lemak sehat pada buah alpukat tidak membuat tubuh kamu menjadi gemuk, sehingga sangat baik untuk menu sarapan.

Roti Gandum


Makanan rendah gula untuk sarapan selanjutnya yang bisa dipilih adalah roti gandum. Roti gandum sangat kaya akan serat dan baik untuk sarapan karena mudah membuat perut kenyang, namun tidak menyediakan kalori buruk untuk tubuh.

Mengonsumsi roti gandum sebagai menu sarapan akan menjadikannya energi dari kalori yang dikandung roti gandum dengan baik tanpa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Berbeda dengan roti tawar putih, roti gandum lebih rendah gula jadi sangat baik untuk diet.

Ubi Ungu


Makanan rendah gula untuk sarapan selanjutnya adalah ubi ungu. Ubi ungu bisa kamu jadikan sebagai pengganti karbohidrat untuk mendapatkan energi di pagi hari.

Agar lebih menarik dan menambah cita rasa, kamu bisa menambahkan kacang rebus untuk mendapatkan sumber protein. Perpaduan dari kedua bahan makanan ini sangat menarik dan pastinya akan menambah cita rasa dari menu sarapan kamu.

Pisang Giling dan Blueberry Kering

Makanan rendah gula untuk sarapan selanjutnya adalah pisang giling dan blueberry kering. Menggunakan pisang matang untuk sarapan merupakan alternatif baik pengganti gula atau madu yang mampu memberi asupan gula yang tidak berlebihan.

Blueberry kering punya kandungan vitamin C, seng serta zat besi yang dapat menyumbang asupan nutrisi tubuh sehingga mencukupi kebutahan harian kamu. Kamu juga bisa menambahkan gandum dan susu krim ke dalamnya, kemudian dipanaskan di dalam microwave selama 3-4 menit.

source : liputan6.com