manfaat buah delima


BERITANESIA.ID- Manfaat buah delima untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Selain rasanya yang nikmat, buah ini memiliki banyak nutrisi penting bagi tubuh. Sangat disayangkan bila Anda melewatkan manfaat buah yang satu ini.

Buah dengan nama latin Punica granatum ini merupakan jenis buah yang masuk ke dalam kelompok berry. Buah delima diketahui mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein, karbohidrat, serat, dan vitamin, termasuk vitamin C, vitamin B kompleks, folat, vitamin E, serta vitamin K.

Buah delima juga mengandung beraneka mineral, di antaranya kalium, magnesium, zinc, dan tembaga, serta kaya antioksidan polifenol, termasuk kantosianin. Tak hanya itu, buah delima juga rendah kalori dan lemak, sehingga relatif aman untuk dikonsumsi tiap hari.

Beragam Manfaat Buah Delima

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah delima yang penting untuk diketahui:

1. Mencegah penyakit jantung

Jika Anda memiliki faktor risiko penyakit jantung koroner, cobalah untuk mengonsumsi jus buah delima. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minimal 200 ml jus buah delima tiap hari selama 3 bulan dapat menurunkan gejala iskemia akibat penyempitan pembuluh darah jantung.

Manfaat buah delima juga baik untuk kesehatan jantung karena buah ini dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah pembentukan sumbatan pada pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah dari dan ke jantung, serta pembuluh darah di seluruh tubuh tetap lancar.

2. Mencegah kanker

Selain dipercaya dapat mencegah munculnya penyakit jantung, jus buah delima juga dipercaya dapat menghambat tumbuhnya kanker, terutama kanker prostat, kanker kulit, kanker payudara, dan kanker paru.

Hal ini dikarenakan buah delima memiliki kandungan antioksidan yang tidak hanya berguna untuk melawan radikal bebas, tetapi juga bisa memperbaiki dan mencegah kerusakan DNA yang dapat memicu munculnya sel kanker.

Jika diminum secara rutin dan disertai dengan diet seimbang, jus buah delima bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan, terutama dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

3. Mengurangi kolesterol jahat

Kandungan antioksidan di dalam buah delima diduga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Beberapa penelitian menyatakan bahwa manfaat buah-buahan dan sayur yang kaya serat dan antioksidan dapat mengurangi kadar kolesterol di dalam darah.

Akan tetapi, beberapa penelitian yang mengkaji manfaat buah delima dalam menurunkan kolesterol masih belum menunjukkan data yang konsisten. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan validitasnya.

4. Mengurangi risiko penyakit radang sendi

Jika Anda mengalami radang sendi, Anda bisa mencoba mengonsumsi buah delima. Buah delima diketahui memiliki efek antiradang, sehingga dipercaya dapat mengatasi peradangan pada sendi.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa ekstrak buah delima mengandung senyawa yang bisa melawan kerusakan sendi pada penderita osteoarthritis. Meski demikian, dugaan tersebut masih sebatas penelitian terhadap hewan, sehingga masih memerlukan studi lebih lanjut.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat tentu tak cukup hanya dengan mengonsumsi buah delima saja. Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, dibarengi dengan olahraga teratur, serta mengelola stres dengan baik.

Untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang manfaat buah delima dan batasan konsumsi yang sesuai untuk kondisi Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter. Anda juga bisa memanfaatkan fitur Chat Bersama Dokter di aplikasi ALODOKTER.

( Df )

Tags