• Beranda
  • Berita
  • Pengabdian Masyarakat FISIB Universitas Pakuan untuk Promosi Ekowisata Situ Gede dengan Kamera...
Nasional

Pengabdian Masyarakat FISIB Universitas Pakuan untuk Promosi Ekowisata Situ Gede dengan Kamera 360

By Selasa, 24 Oktober 2023 Pengunjung (440) 2 Menit Bacaan
pengabdian-masyarakat-fisib-universitas-pakuan-untuk-promosi-ekowisata-situ-gede-dengan-kamera-360 -

BERITANESIA.ID, Bogor - Universitas Pakuan (Unpak) melakukan Pengabdian Kepada masyarakat (PkM) dengan judul “Alih Media Promosi Objek Wisata menggunakan Video Tour 360 untuk platform media baru pada Kompepar Ekowisata Setu Gede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor”. Mitra dalam kegiatan Masyarakat ini adalah Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Situ Gede. Para anggota Kompepar diajari cara membuat dan menggunakan media sosial untuk promosi, cara membuat konten media sosial dengan menggunakan canva, hingga cara membuat konten berupa video dengan menggunakan kamera 360 dan drone.


Dosen Unpak Bogor sekaligus Ketua Tim Pengabdian Dini Valdiani, M.Si, mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari Program Pengabdian kepada Masyarakat Skema Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat Tahun 2023 yang didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan tahun pendanaan 2023. "Kegiatan ini untuk meningkatkan promosi Ekowisata Situ Gede dengan menggunakan media baru berupa konten Video Tour 360 sehingga objek wisata ini semakin dikenal oleh masyarakat tidak hanya warga Kota Bogor,” Tambah Dini, Rabu (18/10/2023). 

Selain pelatihan, kegiatan ini juga memberikan bantuan alat yang nantinya digunakan oleh Kompepar untuk mengisi konten media sosial, diantaranya kamera 360, drone dan perlengkapannya. Kegiatan ini disambut dengan baik oleh Bapak Hamdani selaku Ketua Kompepar Setu Gede, ”Terimakasih kepada Universitas Pakuan, selama di daerah ini berlangsung pelatihan, baru dari Pakuan yang memberikan alat untuk mendukung promosi Setu Gede ini”.


Lurah Situ Gede, Bapak Napihudin S.Pd.,M.Si juga menyampaikan terima kasih kepada Universitas Pakuan dan Kementerian Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi yang telah menggelar kegiatan tersebut. "Terimakasih kepada Unpak yang sudah  mensupport Kompepar Setu Gede, ini merupakan bentuk pengaplikasian mou yang dibuat Antara Fisib Unpak dan Kelurahan Situ Gede” Katanya.

Dalam program ini, Dini Valdiani, M.Si yang merupakan dosen Program Studi Ilmu Komunikasi juga dibantu sejumlah dosen lain, diantaranya Roni Jayawinangun, M. Si dan Dipo Krisyudi Ono, M.Sn. Selain para dosen, kegiatan ini juga melibatkan dua orang mahasiswa dari Program Studi Ilmu Komunikasi sebagai implementasi MBKM yaitu Danu Hendarto Mutiara Rahmah dan Ari Afriansyah.

Tag Terkait :

Berita Lainnya