Wisata Musim Dingin KORSEL untuk INDONESIA


Karena Indonesia memiliki dua iklim panas dan dingin yang hanya kerap terjadi hujan saja. Menjadikan banyak wisatawan asal Indonesia untuk mencari banyak pengalaman yang banyak dan mencari destinasi wisata yang layak di jadikan tempat untuk relax bersama kerabat dekat, melupakan sejenak kepenatan dan panasnya ibu kota dalam rutinitas sehari-hari. Maka tak heran jika banyak Negara menawarkan paket wisata ke luar negeri dengan berbagai fasilitas dan paket yang menarik. Salah satunya korea selatan, walaupun konflik dengan korea utara masih belum berakhir namun, korsel tetap berupaya untuk terus aktif mengembangkan industry untu kemajuan destinasi negaranya.

 

Wisata musim dingin akan menjadi fokus utama pemerintah Korea Selatan dalam mempromosikan negaranya untuk pasar Indonesia. Hal ini mengingat jumlah wisatawan Indonesia ke Korea selalu mengalami peningkatan drastis pada akhir tahun."Kami mengamati selalu terjadi lonjakan tingkat kunjungan wisatawan Indonesia saat musim dingin, khususnya Desember. Oleh karenanya kami ingin gencar mempromosikan wisata musim dingin Korea di Indonesia," ujar Taiyoung Cho.

Korea Tourism Organization mencatat, ada 20.157 wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Korea Selatan pada Desember 2013. Sementara pada November 2013, hanya 13.399 wisatawan Indonesia. Lonjakan drastis bahkan terlihat pada perbandingan jumlah wisatawan pada Desember 2013 dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Pada Desember 2012, tercatat hanya 8.003 wisatawan Indonesia yang berpelesir ke Negeri Ginseng itu.

Gangwon dan Gyeonggi yang terletak di sebelah utara Korea Selatan disebut Cho sebagai destinasi favorit wisatawan Indonesia saat musim dingin. Kawasan ini memang dikembangkan secara khusus sebagai ski-resort dengan fasilitas lengkap untuk mendukung kenyamanan wisatawan saat menikmati liburan musim dingin.

Tak hanya pesona alamnya, berbagai aktivitas menarik berbau lokal turut menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan, mulai dari berbagai festival lokal, memancing ikan salmon di danau beku, perlombaan meluncur di atas es, hingga menangkap salmon dengan tangan kosong.

Untuk mempromosikan wisata musim dingin tersebut, Pemerintah Korea Selatan melalui Korea Tourism Organization untuk pertama kalinya bakal menggelar Korean Winter Travel Festival Oktober mendatang.

Cho mengatakan acara tersebut akan berbarengan dengan K-Food Festival yang akan digelar kedelapan kalinya di Indonesia.

"Rencananya kami akan mengadakannya di sebuah mal besar di Jakarta. Nanti juga ada performing arts," tambah Cho.

 

Tags