5 Sebab Anda Tak Kunjung Mendapat Panggilan Wawancara Kerja


BERITANESIA.ID- Berikut adalah 7 alasan yang membuat Anda belum mendapat panggilan wawancara kerja menurut para profesional di situs karir, FlexJobs, seperti dilansir dari laman Purewow. 

1. Mencantumkan pengalaman kerja yang tidak relevan

Dengan mencantumkan pengalaman kerja yang tidak relevan ke dalam resume dapat merugikan. Lebih baik tidak perlu melampirkan pengalaman yang tidak relevan dengan posisi pekerjaan yang diingingkan. Anda bisa mencantumkan kemampuan yang Anda dapatkan dari pengalaman tersebut, namun tetap harus relevan dengan lingkup tempat kerja.

2. Menjawab kelemahan tentang diri sendiri yang dilebihkan

Anda harus menjawab dengan jujur ketika diberi pertanyaan tentang kekurangan diri sendiri oleh pewawancara. Tidak perlu menjawab dengan menutupi kekurangan agar terlihat berkesan di mata pewawancara.

Pewawancara ingin tahu apakah Anda sadar diri dan bisa mengkritik diri sendiri. Mereka menginginkan seseorang yang tidak hanya dapat berkembang saat bekerja, tetapi juga dapat menerima kritik yang membangun. Mengatakan hal-hal seperti, “Saya bekerja terlalu keras,” atau “Saya seorang perfeksionis” dapat dianggap tidak tulus.

3. Terlalu formal dalam resume dan surat lamaran

Membuat resume yang terlalu formal akan terlihat kaku dan cukup menganggu. Sebab, hal tersebut tidak akan membuat pembaca tertarik. Sebaiknya, Anda perlu melakukan riset terkait perusahaan tempat melamar pekerjaan agar dapat menyesuaikan resume dengan perusahaan tersebut.

4. Menyertakan tujuan

Banyak pelamar kerja yang tidak terlalu mengerti bagaimana cara menuliskan tujuan karier. Sebagai gantinya, Anda dapat menuliskan ringkasan resume atau ringkasan kualifikasi yang menunjukkan alasan penting mengapa perusahaan harus mempekerjakan Anda.

5. Mengenakan jas untuk wawancara

Salah satu mitos terbesar  adalah Anda perlu memakai jas agar dianggap serius. Tapi, seperti bahasa formal pada resume, pilihan pakaian Anda harus sesuai dengan perusahaan tempat Anda melamar. Jika kode berpakaian perusahaan adalah sandal jepit, celana pendek kargo, dan kaos grafis, selalu bijaksana untuk berdandan sedikit saat wawancara kerja, kemudian mulai ikuti gaya berpakaian sesuai budaya perusaahan begitu Anda mendapatkan pekerjaan.

(NA)

Tags