• Beranda
  • Berita
  • Kebakaran Hebat Landa Lantai 3 Pasar Comboran Barat Baru, Kota Malang
Nasional

Kebakaran Hebat Landa Lantai 3 Pasar Comboran Barat Baru, Kota Malang

By Hilal Ahmad Mujaddid Jumat, 13 September 2024 Pengunjung (36) 2 Menit Bacaan
kebakaran-hebat-landa-lantai-3-pasar-comboran-barat-baru-kota-malang Kebakaran melanda Pasar Baru Barat di kawasan Comboran, Kota Malang, Jawa Timur pada Jumat (13/9/2024) sekitar pukul 18.00 WIB. Sumber gambar (Kompas.com)

BERITANESIA.ID, Jawa Timur - Kebakaran dahsyat melanda Pasar Baru Barat di kawasan Comboran, Kota Malang, Jawa Timur, pada Jumat (13/9/2024) sekitar pukul 18.00 WIB. Titik awal kebakaran diketahui berasal dari lantai 3, yang merupakan bagian paling atas dari pasar tersebut. Menurut Kapolsek Klojen, Kompol Syabain, petugas pemadam kebakaran (damkar) berjuang keras untuk memadamkan api hingga pukul 20.00 WIB. Sebanyak delapan unit mobil damkar dikerahkan ke lokasi kejadian.

"Awalnya api muncul dari bagian selatan lantai 3 dan kemudian menjalar ke arah utara. Bahkan, kantor pasar juga ikut terbakar," ungkap Kompol Syabain pada Jumat malam.

Lantai 3 pasar ini biasanya menjadi tempat bagi puluhan pedagang kelapa, pisang, dan pakaian bekas. Untuk mencegah penyebaran api lebih lanjut, listrik di pasar tersebut sementara dipadamkan. Beberapa kendaraan yang diparkir di lantai 3 juga telah dievakuasi oleh petugas. Hingga kini, penyebab kebakaran masih dalam tahap penyelidikan lebih lanjut.

"Kami belum bisa memastikan penyebabnya, karena investigasi lebih lanjut masih harus dilakukan antara petugas damkar dan tim forensik dari Polresta Malang Kota," lanjutnya.

Sejauh ini, belum ada laporan mengenai korban jiwa atau luka dalam peristiwa tersebut. Biasanya, aktivitas perdagangan di pasar ini sudah berhenti sekitar pukul 17.00 WIB, sehingga kondisi pasar cukup sepi saat kebakaran terjadi. Terpantau, petugas damkar terus berdatangan untuk memadamkan api dan mengisi ulang air.

"Saat kebakaran mulai terlihat, warga sekitar mencoba memadamkan api dengan alat seadanya. Namun, api semakin besar hingga petugas damkar tiba di lokasi. Akses petugas damkar ke pasar cukup lancar karena terdapat tangga di dalam pasar," jelasnya.

Sementara itu, Ayet (29), seorang pedagang ikan asin yang lapaknya berada di lantai 1, mengaku tidak terdampak oleh kebakaran ini. Dia baru mengetahui peristiwa tersebut sekitar pukul 18.00 WIB. "Biasanya ada yang bakar-bakar di dalam pasar, tapi saya belum tahu pasti dari mana asal apinya," ungkap Ayet.

Berita Lainnya