Sajian Budaya Kopitiam


Siapa yang tidak mengenal kopi. Minuman yang biasa dikonsumsi di pagi dan malam hari. Minuman yang menyuguhkan cita rasa caffeine yang tinggi tersebut banyak memiliki penggemarnya. Indonesia merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di dunia. Banyak sekali jenis kopi yang terdapat di Indonesia. Sehingga tak heran jika Negara kita merupakan salah satu Negara terbesar yang mengekspor kopi. Sehingga tak heran jika kopi merupakan sumber pendapatan devisit Negara. Ada banyak jenis kopi di Indonesia yang bisa anda nikmati. Mulai dari dengan cara tradisional seperti kopi luwak yang mengandalkan alat pencernaan hewan luwak, sehingga menghasilkan kopi yang bernama “kopi luwak”.

            Ada banyak sajian bentuk kopi yang di sajikan. Salah satunya adalah kopitiam yang merupakan kopi yang dipadukan dengan unsur budaya. Bagaimana cara mengola kopi tersebut dengan baik. Juga sajian yang menarik sehingga menarik perhatian para penikmat kopi. Karena kopi tidak hanya langsung disajikan dengan nuansa kopi yang bercirikan kopi hitam saja. Akan tetapi juga dapat dinikmati dengan berbagai sajian kopi yang dapat membuat orang lebih menikmati cita rasa kopi yang dapat diolah dengan cara yang berbeda.

Mungkin banyak yang menduga jika kopitiam ialah sebuah merek atau trademark. Sebenarnya, kedai kopi ini merupakan hasil alkulturasi budaya Cina dengan Asia Tenggara. Kopitiam sendiri berarti kedai kopi, mengambil kata kopi dari bahasa Melayu dan tiam dari bahasa Hokkien yang bermakna kedai. Kedai kopi ini menganut sistem lama yang sudah ada sejak zaman dulu, baik penyajian jenis masakan dan minumannya. Jadi tak heran jika di kopitiam satu dengan kopitiam lainnya memiliki menu makanan yang sama, tentunya dengan citarasa khas masing-masing. Kopitiam juga tetap memakai aturan baku untuk istilah sama  yang menjelaskan tiap jenis minumannya.

Pertama kopi atau teh, olahan kopi atau teh dapat menjadi pilihan pengunjung untuk menikmati kopi atau teh. Jika Travel lads memesan kopi atau teh, maka kamu akan disuguhi secangkir kopi atau teh dicampur dengan condensed milk atau susu kental manis. Jika di Indonesia, minuman ini serupa dengan kopi atau teh susu.

Kedua kopi C atau teh C, Kopi C dengan susu tawar Kalau Travel lads mendengar menu minuman Kopi-C atau Teh C, berarti kamu akan disuguhi kopi atau teh yang dicampur dengan evaporated milk (susu tawar) dan gula pasir.

Ketiga kopi dengan jenis kopi O. Kopi dengan gula sang Kopi-O. Nah, ini salah satu menu populer di Kopitiam, Kopi-O dan Teh-O yang berarti kopi atau teh dengan campuran gula. Minuman ini serupa dengan kopi atau teh manis tanpa susu.

Keempat menu jenis kopi kosong dan tehkosong. Menu Kopi Kosong ala Kopitiam Jika menemukan nama menu minuman Kopi Kosong atau Teh Kosong, jangan membayangkan akan disuguhi secangkir kopi atau teh yang kosong. Kopi kosong atau teh kosong berarti minuman tanpa campuran gula atau susu. Minuman ini serupa dengan kopi pahit atau teh tawar yang bisa diminum.

Kelima kopi jenis peng. Kopi penga Yang berarti Es, Ada satu kata lagi yang harus dihafalkan, ya, Travel lads. Minuman di Kopitiam lazimnya dihidangkan panas. Nah jika Travel lads ingin menikmati versi dingin maka cukup tambahkan kata “Peng”. Misalkan, Kopi-C Peng atau Kopi-O Peng, maka kamu akan disuguhi minuman dengan es.

Tags